EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN

ADE SARWOKO, NIM. 15600021 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN)
15600021_BAB-I_BAB-II_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN)
15600021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas VIII C dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, prescale-postscale motivasi belajar, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan uji-t untuk motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 May 2020 09:37
Last Modified: 26 May 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum