PENGARUH PELATIHAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA PENGURUS OSIS SMPIT SALMAN AL FARISI

Fani Maulana Tajuddin, NIM. 13710070 (2020) PENGARUH PELATIHAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA PENGURUS OSIS SMPIT SALMAN AL FARISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELATIHAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA PENGURUS OSIS SMPIT SALMAN AL FARISI)
13710070_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELATIHAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA PENGURUS OSIS SMPIT SALMAN AL FARISI)
13710070I_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kohesivitas kelompok dibutuhkan untuk mempekuat kebersamaan dan terjalinnya kejasama kelompok agar mampu mencapai tujuan bersama, ditinjau dari hasil preliminary pada 12 anggota OSIS yang diambil secara acak ditemukan skor kohesivitas kelompok dengan kategorisasi 8% tinggi, 25% sedang dan 67% rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan outbound untuk meningkatkan kohesivitas kelompok pada pengurus OSIS. Subjek penelitian berjumlah 28 (N = 28) siswa anggota pengurus OSIS SMPIT Salman Al Farisi Yogyakarta dan memiliki kategori skpr kohesivitas kelompok sangat rendah sampai sedang. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala kohesivitas kelompok dengan model skala likert yang disusun sendiri oleh peneliti. Reliabilitas alat ukur sebesar ditunjukkan dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,942. Analisis data menggunakan teknik Wilcoxon signed rank test untuk melihat perbedaan skor data pre test dan post test. Hasil menunjukkan bahwa nilai P sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan Outbound efektif dalam meningkatkan kohesivitas kelompok pada anggota pengurus OSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zidni Imawan Muslimin, S.Psi, M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Outbound, Kohesivitas Kelompok, Pengurus OSIS
Subjects: Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 May 2020 09:58
Last Modified: 26 May 2020 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum