PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS

Doli Habibi Wijaya Panjaitan, NIM. 16410010 (2020) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS)
16410010_ BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS)
16410010_ BAB II_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Akan tetapi kenyataannya bahwa pembelajaran pendidikan agama islam masih kurang diminati oleh siswa. Akidah akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama islam yang lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusian yang hendak ditanamkan dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Pembelajaran menonnton atau kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dianggap menjenuhkan serta tidak menyenangkan bagi siswa, merupakan salah satu penyebab siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bantul belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran aktif serta menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan mengambil latar MTsN 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data diambil dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bantul kurang menyenangkan dikarenakan metode dalam pembelajaran akidah akhlak masih menonton yaitu bercerita dan tanya jawab, sehingga banyak murid yang terkadang tidur saat pembelajaran. 2) Guru belum maksimal dalam menerapkan strategi-strategi belajar aktif karena kurang inovatif atau pemahaman terhadap strategi itu sendiri. 3) Media yang digunakan tidak bervariasi hanya media yang ada dikelas, kurangnya inisiatif untuk mengajak murid belajar diluar kelas atau memanfaatkan sarana sekolah sebagai pembelajaran yang aktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 May 2020 09:38
Last Modified: 27 May 2020 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum