PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

AKHMAD SANUSI, NIM. 15410014 (2020) PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
15410014_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
15410014_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa konsep diri memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, karena merupakan suatu penilaian terhadap kemampuannya dalam belajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan pentingnya siswa dalam meningkatkan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki konsep diri rendah dan mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam mengembangkan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor penyebab siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki konsep diri rendah adalah karena keadaan fisik, lingkungan sosial, kondisi keluarga, reaksi orang lain terhadap individu, kompetensi, jenis kelamin dan status sosial ekonomi, pengalaman, orang-orang terdekat dengan individu, dan faktor konten-konten negatif internet. Upaya guru PAI mengembangkan konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam pembelajaran PAI yakni mendorong siswa untuk percaya diri, melalui penggunaan metode pembelajaran yang beragam dan memberikan punishment (hukuman) sebagai reinforcement (penguatan) terhadap perilaku siswa yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 May 2020 10:54
Last Modified: 27 May 2020 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum