EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMOTIVASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD N JARAKAN SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

ANIS SELLA SULISTIANA, NIM. 15410142 (2020) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMOTIVASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD N JARAKAN SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMOTIVASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD N JARAKAN SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
15410142__ BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMOTIVASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD N JARAKAN SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
15410142_ BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini Pada masa dewasa ini, sangat sedikit siswa yang menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari baik ketika berada di sekolah maupun di lingkungannya. Untuk itu, nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, kesopanan dan lain-lain ini perlu diterapkan kembali baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat, sehingga siswa menjadi terbiasa untuk bersikap jujur, disiplin dan sebagainya. Melihat kondisi tersebut, salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat menerapkan pembelajaran sekolah yang menggunakan nilai-nilai kearifan lokal. Dengan adanya pembelajaran berbasis kearifan lokal ini, siswa juga dapat mempelajari nilai budayanya dengan lebih optimal sehingga siswa apat termotivasi kecerdasannya. Apalagi jika nilai kearifan lokal ini dikaitkan dengan nilai agama Islam, maka akan ada satu titik temu dimana nilai-nilai ini dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan kecerdasan spiritualnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pengcekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk memotivasi perkembangan kecerdasan spiritual siswa kelas V A, dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu, tahap xii perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran, 2) Efektivitas pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal untuk memotivasi perkembangan kecerdasan spiritual siswa, dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari segi proses dan dari segi hasil. Efektivitas dari segi proses dapat dilihat dari segi pengorganisasian materi yang baik, adanya antusias siswa ketika pembelajaran, dan adanya feedback antara siswa dan guru ketika pembelajaran berlangsung.dari segi proses pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal cukup efektif digunakan untuk memotivasi perkembangan kecerdasan spiritual. Sedangkan dari segi hasil, PBKL ini memang cukup efektif untuk memotivasi perkembangan kecerdasan spiritual siswa. Karena, dari hasil wawancara dengan seluruh siswa kelas V A, lebih dari 50% mengatakan bahwa mereka merasa terbantu dan termotivasi untuk melakukan perbuatan baik, rajin shalat dan semua hal yang berhubungan dengan kecerdasan spiritual, 3) Factor pendukung dan factor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal untuk memotivasi perkembangan kecerdasan spiritual diantaranya, sarana dan prasarana sekolah yang cukup lengkap, guru yang kompeten, namun pennghambatnya berada pada siswa yang masih sering tak kondusif selama pembelajaran, serta durasi waktu yang sangat singkat ini juga mempengaruhi hasil dari PBKL ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 May 2020 13:00
Last Modified: 27 May 2020 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum