SEMIOTIKA PENDIDIKAN (Menggali Nilai-Nilai Filosofis Pendidikan Melalui Jaringan Tanda)

SEMBODO ARDI WIDODO, - (2019) SEMIOTIKA PENDIDIKAN (Menggali Nilai-Nilai Filosofis Pendidikan Melalui Jaringan Tanda). Idea Press, Yogyakarta. ISBN -

[img] Text (SEMIOTIKA PENDIDIKAN (Menggali Nilai-Nilai Filosofis Pendidikan Melalui Jaringan Tanda))
SEMBODO ARDI WIDODO - Semiotik Pendidikan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Manusia berpikir melalui tanda. Manusia mengetahui sesuatu melalui tanda. Tanda ada dimana mana, di rumah, di sekolah, di kantor, di jalan, di ruang publik, dan bahkan alam semesta ini merupakan tanda. Tanda bisa berwujud benda, tulisan, simbol, perilaku, dan lain sebagainya dimana sesuatu itu bisa kita maknai sebagai tanda. Tanda selalu hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanda merupakan sesuatu yang substansial dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, tanda menjadi obyek yang menarik untuk dikaji dan memberikan inspirasi bagi filosof dan ilmuan untuk mempelajarinya menjadi sebuah kajian khusus, yaitu Semiotik, ilmu tentang tanda. Semiotika sebagai disiplin ilmu, wilayah kajiannya menjadi sangat luas, seluas dimana tanda itu hadir dalam ruang dan dimensi kehidupan. Kita mengenal semiotika budaya, semiotika sastra, semiotika grafis, semiotika media, dan lain sebagainya. Dalam wilayah pendidikan tentu saja kita bisa menelaahnya sebagai kajian tersendiri, yaitu semiotika pendidikan. Lembaga pendidikan yang ada dewasa ini, baik formal maupun non formal, menyediakan sistem dan jaringan tanda yang ada di ruang kelas, di buku, di halaman, di lingkungan sekolah. Ada tanda dalam bentuk tulisan, dalam bentuk simbol, dalam bentuk gambar, dalam bentuk logo, dalam bentuk aturan, disiplin, pepatah, dan lain sebagainya. Tanda-tanda tersebut ada yang dimunculkan secara sadar dan ada yang muncul diluar sistem kesadaran orang yang terlibat dalam lembaga pendidikan. Di sinilah letak urgensitas semiotika pendidikan untuk membongkar makna-makna yang terkandung dalam jaringan tanda-tersebut, baik yang dimunculkan secara sadar maupun di bawah alam kesadaran. Semiotika pendidikan akan lebih luas lagi kajiannya jika dikaitkan dengan menggali nilai-nilai pendidikan yang ada dalam kehidupan sehari-hari melalui sistem budaya yang ada dan berkembang di masyarakat. Buku ini, walaupun masih belum sempurna, menarik untuk dibaca dan dikaji lagi terutama oleh kalangan pendidik, dosen, guru, mahsiswa, dan para pelaku pendidikan untuk menambah wawasan teoritik, metodologik, dan pengembangan kurikulum pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Buku
Divisions: Buku
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2020 13:19
Last Modified: 03 Jun 2020 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum