PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA ASY – SYIFA’ MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA (Integratif Humanis) TAHUN AJARAN 2019/2020

BA’IQ KURNIA BUANA, NIM: 16420013 (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA ASY – SYIFA’ MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA (Integratif Humanis) TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA ASY – SYIFA’ MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA (Integratif Humanis) TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA ASY – SYIFA’ MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA (Integratif Humanis) TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420013_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (700kB)

Abstract

di MA Asy-syifa‟ Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Asy-syifa‟ Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul Jenis pendekatan pada skripsi ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengambil data dari lapangan atau dari pengamatan secara langsung mengenai fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penulis yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menununjukkan bahwa Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MA Asy-syifa‟ yang berfokus pada pendekatan integratif humanis, kegiatan siswa dan guru sudah dapat dikatakan sejalan dengan pendekan integratif humanis. Faktor penghambat proses pembelajaran di MA Asy syifa‟ yaitu kurangnya sumber belajar berupa kamus bahasa Arab-Indonesia dan Indonesia- Arab. Idealnya satu kamus digunakan untuk satu siswa, akan tetapi, karena keterbatasan ini, satu kamus digunakan untuk satu kelompok yang berjumlah sekitar 3-4 anak. Kurangnya fasilitas sekolah yang menunjang pembelajaran seperti, speaker untuk istima‟ dan proyektor untuk menampilkan vidio. Solusinya ketika pembelajaran istima‟ guru mebacakan teksnya kemudian siswa mendengarkannya. Guru bahasa Arab di MA Asy-syifa berperan sebagai kepala sekolah, yang juga memiliki kesibukan diluar sekolah. Akibatnya kelas sering kosong. Akan tetapi pembelajaran biasanya digantikan dengan guru lain yang mumpuni dalam pelajaran bahasa Arab. Adapun faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab yaitu : Karena sekolah berbasis pesantren, oleh karenanya pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di disekolah, di asramapun mereka mendapatkan berbagai pelajaran tentang berbagai ilmu. Salah satu pembelajarannya yaitu pembelajaran nahwu-shorof. Hal ini dapat membantu siswa dalam pendalaman qowaid pada pembelajaran bahasa Arab disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Integratif Humanis, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jun 2020 13:35
Last Modified: 04 Jun 2020 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum