MANAJEMEN RISIKO PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2019

GUSNIA DWI UTAMI, NIM. 16240003 (2020) MANAJEMEN RISIKO PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN RISIKO PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16240003_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN RISIKO PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YATIM MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16240003_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai organisasi nirlaba strategis yang mengelola dana umat, Laznas Yatim Mandiri Yogyakarta secara khusus lebih memfokuskan dalam hal memberdayakan dan mengembangkan potensi anak yatim dan dhu’afa. Salah satu program utama untuk dhuafa adalah BLM (Bantuan Langsung Mustahik), namun pada praktiknya dana yang diberikan tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh mustahik, dikarenakan mustahik tidak mampu mengelola dana yang diberikan. Maka dalam penyaluran dana zakatnya, Laznas Yatim Mandiri Yogyakarta perlu melaksanakan manajemen risiko untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan supaya dana zakat yang disalurkan dapat dirasakan manfaatnya oleh mustahik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen risiko penyaluran dana zakat pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yakni kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan validitas internal, validitas eksternal, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen risiko penyaluran dana zakat pada Laznas Yatim Mandiri Yogyakarta tahun 2019 telah dilakukan secara forma, namun pelaksanaanya belum maksimal. Proses manajemen risiko dilakukan secara kultural lembaga, identifikasi risiko dilaksanakan saat audit internal dan audit eksternal sehingga muncul enam risiko yang teridentifikasi. Evaluasi atau pengukuran risiko diukur dengan menggunakan skala tingkat kemungkinan (likelihood) terjadinya risiko dan dampak (impact) terjadinya risiko, hal ini mengakibatkan pengukuran risiko tidak secara akurat dan sistematis. Pengelolaan risiko dilakukan dengan pengendalian risiko yang difokuskan pada usaha kemungkinan munculnya risiko, mengurangi keseriusan konsekuensi terjadinya risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MARYONO, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Zakat, Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jun 2020 08:48
Last Modified: 05 Jun 2020 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum