PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA

Fairuz Zunaidah Rohmi, NIM : 16480028 (2020) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA)
16480028_COVER , BAB I ,BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA)
16480028_BAB II , BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa kelas V MI Al-Muhsin 1? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa kelas V MI Al-Muhsin 1? (3) Bagaimana hasil dari penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa kelas V MI Al-Muhsin 1? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi mengenai kegiatan pembelajaran Al-Qur‘an menggunakan metode Yanbu‟a di kelas V, hasil wawancara kepada subjek-subjek yang terkait antara lain kepala sekolah, pengajar Yanbu‟a, serta siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran serta data dokumentasi pencapaian ketrampilan membaca Al-Qur‘an siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) metode pembelajaran Al-Qur‘an di MI Al-Muhsin 1 mulanya menggunakan metode Qiro‟ati. Kemudian atas beberapa pertimbangan bergantilah metodenya menggunakan metode Yanbu‟a. Penerapan metode Yanbu‟a dalam pembelajaran Al-Qur‘an di kelas V meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan evaluasi berupa evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. 2) Faktor pendukung penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa adalah pengajar/ustadzah, usia siswa dan latar belakang siswa, fasilitas yang memadai, dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterlambatan ustadzah dan adanya badal ustadzah, sikap siswa, siswa tidak membawa buku prestasi dan kitab Yanbu‟a, tidak adanya pelatihan Yanbu‟a oleh madrasah dan tidak adanya evaluasi bagi pengajar Yanbu‟a, serta peran orang tua. 3) Hasil penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa berdasarkan data prestasi siswa sebanyak 13 siswa dari 25 siswa yang mengaji menggunakan metode Yanbu‟a sudah mencapai jilid 5, 6 dan 7, dengan prosentase mencapai 52%. Kemampuan siswa jika sudah mencapai jilid 5 ke atas dikatakan sudah dapat membaca Al-Qur‘an dengan lancar dan benar serta memahami ilmu tajwid. Hal ini diperkuat dengan contoh bacaan pada jilid 5 merupakan ayat utuh disertai tanda waqofnya, jilid 6 praktik tajwid dan Gharib dan jilid 7 memperdalam ilmu tajwi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Drs. H. Mangun Budiyanto, M. S. I.,
Uncontrolled Keywords: metode Yanbu’a, pembelajaran Al-Qur’ an, kemampuan membaca Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jun 2020 14:38
Last Modified: 08 Jun 2020 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum