IMPLEMENTASI METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENAMBAH KOSAKATA PADA SISWA KELAS II DI SD N 2 BLUNYAHAN

Erma Rebeka Diananingsih, NIM: 15480029 (2020) IMPLEMENTASI METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENAMBAH KOSAKATA PADA SISWA KELAS II DI SD N 2 BLUNYAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENAMBAH KOSAKATA PADA SISWA KELAS II DI SD N 2 BLUNYAHAN)
15480029_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENAMBAH KOSAKATA PADA SISWA KELAS II DI SD N 2 BLUNYAHAN)
15480029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Erma Rebeka Diananingsih, “Implementasi Metode Analisis Glass Untuk Menambah Kosakata Pada Siswa Kelas II di SD N 2 Blunyahan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019 Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa kesulitan siswa dalam membaca permulaan untuk menambah kosakata dan bagaimana implementasi metode Analisis Glass untuk menambah kosakata pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang dilaksanakan selama satu bulan dan melalui beberapa tahap dengan menggunakan metode Analisis Glass. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi proses belajar siswa membaca permulaan sebelum menggunakan metode Analisis Glass, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Analisis Glass dilaksanakan dengan lima tahap yaitu (1) mengidentifikasi keseluruhan kata huruf dan bunyi kelompok huruf (2) mengucapkan bunyi-bunyi kelompok huruf dan huruf abjad A-Z, serta bertanya kepada anak huruf apa yang menghadirkan bunyi (3)menyajikan kepada anak, huruf atau kelompok huruf dan meminta anak untuk mengucapkannya (4) mengambil beberapa huruf pada kata yang tertulis dan anak diminta mengucapkan bunyi kelompok huruf yang masih (5) menanyakan kepada anak tentang keseluruhan kata. Kesulitan siswa adalah belum mengenal huruf abjad dengan baik, siswa juga masih sulit untuk membaca, sulit memahami kata-kata yang ada dalam kalimat, dan banyak kata-kata asing yang belum siswa kenal. Hasil pada minggu pertama dan menerapkan langkah metode Analisis Glass menunjukkan belum terlihat kemajuan kepada kedua siswa tersebut, minggu kedua kedua siswa sudah bisa membaca dan membedakan beberapa huruf abjad yang mereka bingungkan, minggu ketiga, siswa sudah bisa membaca kosakata dengan cara dieja sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni M.Pd. sebagai
Uncontrolled Keywords: Implementasi metode Analisis Glass, kosakata, kesulitan membaca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jun 2020 15:57
Last Modified: 08 Jun 2020 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum