STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA

Shinta Ekawati Prabawaningrum, NIM: 15480026 (2020) STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA)
15480026_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA)
15480026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus perlakuan tidak pantas yang dilakukan oleh guru pendamping khusus kepada anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui macam-macam anak berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendamping khusus dalam mengatasi kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. 3)Untuk mendeskripsikan kendala guru pendamping khusus dalam melaksanakan strategi belajar bersama anak berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu guru pendamping khusus. Untuk pengecekkan ke absahan data dengan cara triangulasi teknik dan triangulas sumber. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) macam-macam jenis kebutuhan ABK di SD N Karangayar Yogyakarta yaitu ADHD,slow learner, tunagrahita, CP, tuna ganda, low vision, speech delay, dan down sindrom. 2) beberapa strategi yang digunakan oleh guru pendamping khusus yaitu, a) Memberikan penjelasan dengan pelan-pelan dan memberikan tugas dengan jelas, b) Memberikan kesempatan berpikir, c) Mengurangi tingkat kesulitan soal dan tugas, d) Memberikan waktu rehat, e) Memusatkan konsentrasi dengan teguran, f) Pemilihan tempat duduk yang tepat, g) Pemberian motivasi. h) Menanamkan pemikiran bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama, i) Mengajarkan keterampilan belajar, j) Strategi pengajaran individual, k) Strategi modifikasi tingkah laku, l) Strategi pengajaran yang diindividualisasikan, m) Strategi kooperatif, n) Strategi ekspositori, o) strategi pengulangan, p) Strategi pull out. 3) kendala yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran dan dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi. M.A ,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru pendamping khusus, Anak berkebutuhan khusus.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jun 2020 16:23
Last Modified: 08 Jun 2020 16:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum