Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak

SRI MARWIYATI, - and ISTININGSIH, - (2021) Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5. pp. 135-149. ISSN 2549-8959 (In Press)

[img]
Preview
Text (Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak)
Sri Marwiyati, Istiningsih.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran saintifik anak usia dini di TK Negeri Pembina Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari TK Negeri Pembina Kota Salatiga. Data yang terkumpul ditindaklanjuti dengan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menekankan pada pendekatan saintifik, meskipun dalam pelaksanaannya masih ada guru belum sepenuhnya menerapkannya. TK Negeri Pembina merupakan sekolah PAUD pertama di Salatiga yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran saintifik belum terlaksana dengan maksimal, guru kesulitan dalam mengontrol dan memberikan penilaian di setiap aktivitas anak dikarenakan rasio guru terhadap murid di TK Negeri Pembina kelompok B melebihi rasio ideal yaitu lebih dari 1:15. Pembelajaran saintifik mampu merangsang kreativitas anak karena anak lebih mandiri, percaya diri, berani berpendapat, dan rasa ingin tahu yeng tinggi sebagai ciri kreatif.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jun 2020 20:53
Last Modified: 08 Jun 2020 20:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39479

Actions (login required)

View Item View Item