FILANTROPI ISLAM BERBASIS MASJID (STUDI PENGELOLAAN DANA INFAQ DI MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

IKROMI FIRMANSYAH, NIM. 15490023 (2020) FILANTROPI ISLAM BERBASIS MASJID (STUDI PENGELOLAAN DANA INFAQ DI MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FILANTROPI ISLAM BERBASIS MASJID (STUDI PENGELOLAAN DANA INFAQ DI MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
15490023_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (FILANTROPI ISLAM BERBASIS MASJID (STUDI PENGELOLAAN DANA INFAQ DI MASJID JOGOKARIYAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
15490023_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembahasan tentang fungsi masjid sebagai sarana syiar agama Islam menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan kebanyakan masjid sekarang lebih mengedepankan pembangunan fisik masjid semata daripada fungsi sosialnya. Berbeda dengan masjid jogokariyan kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Melihat perkembangan masjid jogokariyan dalam mensyiarkan dakwah Islam semakin membaik dari setiap tahunnya, bahkan mendapat predikat masjid percontohan nasional. Rumusan masalah dari penelitian ini adalalah bagaimana pengelolaan dana infak di masjid jogokariyan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengelolaan dana infak masjid jogokariyan kecamatan Mantrijeron kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian adalah bendahara masjid, pengurus harian takmir, dan jamaah masjid jogokariyan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pengelolaan dana infak masjid jogokariyan kecamatan Mantrijeron Yogyakarta telah berhasil menggunakan sistem pengelolaan yang baik, dengan malului input-proses-output. Peran takmir dalam mendukung pengelolaan dana infaq dalam filantropi Islam berbasis masjid. Hal ini terlihat dari fungsi-fungsi manajemen yang berhasil mencapai tujuan organisasi yang mulai dari perencanaan program tiap periode, pengorganisasian lembaga-lembaga atau biro-biro, pengarahan melalui kajian-kajian dan pengajian, serta pengawasan yang melibatkan masyarakat untuk memantau kinerja para takmir dalam mengelola keuangan masjid sebagai bahan masukan, saran, dan koreksi. Hasil dari pengelolaan dana infaq dalam filantropi Islam berbasis masjid tersebut telah dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat sudah terpenuhi khususnya sejahtera secara lahir, hal ini terlihat mampu terciptanya hasil pengelolaan dana infaq masyarakat jamaah masjid jogokariyan melalui dana simultan berupa infaq, kegiatan-kegiatan remaja yang kreatif serta menyenangkan, dan kegiatan pasar sore ramadhan di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Infak
Subjects: Hukum Islam > Shodaqoh, Infaq
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Jun 2020 12:10
Last Modified: 10 Jun 2020 12:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum