NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM OMAR DAN HANA

MIKE DWI SAFITRI, NIM : 15430022 (2020) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM OMAR DAN HANA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM OMAR DAN HANA)
15430022_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM OMAR DAN HANA)
15430022_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (908kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya pendidikan akhlak yang diberikan pada setiap manusia, khususnya sejak usia dini. Nilai pendidikan akhlak merupakan hal-hal yang dianggap penting yang dilakukan seseorang untuk memberikan bimbingan, baik jasmani maupun rohani melalui penanaman nilai-nilai islam, latihan moral, serta menghasilkan perubahan yang bersifat positif dan nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menanamkan nilai-nilai tersebut orang tua atau orang dewasa dapat memanfaatkan media gadget atau televisi. Gadget dan televisi dapat menjadi sarana untuk memberikan pendidikan kepada anak, jika digunakan dengan semestinya. Salah satu animasi film yang telah tayang di televisi dan bisa diakses melalui handphone dan memiliki nilai pendidikan akhlak adalah film Omar dan Hana, yang di mana saat ini jumlah pengikut akun youtubenya mencapai 2,8 juta orang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis nilai pendidikan akhlak pada film Omar dan Hana khususnya episode “Abang Omar Dulu, Mari ke Masjid, Nabi Akan Buat Apa?, Jom Jojor, Kutip dan Buang, Mari Berkebun dan Sabar Bila Marah”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Film Omar dan Hana, dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, skripsi, internet, artikel dan literatur lain yang relevan. Data yamg dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dengan melakukan peningkatan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat nilai pendidikan akhlak pada film omar dan Hana. Pada film tersebut terdapat 6 nilai pendidikan akhlak yang meliputi: (1) pendidikan akhlak kepada Allah SWT (Taqwa, Ikhlas, syukur, dan muraqabah), (2) pendidikan akhlak kepada Rasulullah SAW (mencintai dan memuliakan Rosulullah SAW, menaati perintah Rasulullah SAW, mengucap dan menjawab salam, meneladani sifat Rasulullah SAW), (3) pendidikan akhlak kepada diri sendiri (Jujur, amanah, sabar, pemaaf), (4) pendidikan akhlak kepada keluarga (berbuat baik kepada orang tua, memenuhi kewajiban orang tua terhadap anak, kasih sayang dalam keluarga), (5) pendidikan akhlak kepada masyarakat (berhubungan baik dengan masyarakat, tolong menolong, perkumpulan muda mudi yang baik, mempererat ukhuwwah islamiyyah) dan (6) pendidikan akhlak kepada lingkungan (menjaga sesama makhluk hidup, menjaga kelestarian alam, tidak merusak lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Film Omar dan Hana
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jun 2020 10:07
Last Modified: 11 Jun 2020 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39503

Actions (login required)

View Item View Item