IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) NASIONALISME DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Imas Nur Astuti, NIM. 16430002 (2020) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) NASIONALISME DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) NASIONALISME DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
16430002_ BAB I_BAB V_DFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) NASIONALISME DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
16430002_ BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Karakter nasionalisme menjadi salah satu karakter yang diprioritaskan dalam gerakan penguatan pendidikan karakter (PPK) namun di lembaga pendidikan anak usia dini penanaman nilai karakter nasionalisme kurang mendapatkan porsi lebih apabila dibandingkan dengan nilai karakter lainnya sehingga jiwa nasionalisme anak berkembang kurang optimal, padahal sebagai generasi penerus bangsa, jiwa nasionalisme anak harus dirangsang agar timbul rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi PPK nasionalisme di TK Pertiwi 10, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi PPK nasionalisme di TK pertiwi 10 dan untuk mengetahui gambaran sikap nasionalisme siswa TK Pertiwi 10. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana TK Pertiwi 10 Imogiri menjadi lokasi penelitian. Pengumpulan data diambil dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Milles dan Hubermen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/verivication, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dinyatakan bahwa : Pertama, implementasi PPK nasionalisme di TK Pertiwi 10 Imogiri dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, faktor pendukung yaitu kondisi lingkungan sekolah kondusif, kerjasama yang baik dengan pihak orang tua/wali, serta terintegrasi dalam program sekolah sedangkan faktor penghambat yaitu kuantitas guru terbatas, keterbatasan literasi PPK Nasionalisme, administasi guru yang banyak, pembiayaan belum tertib, serta kondisi mood anak tidak stabil. Ketiga, gambaran sikap nasionalisme siswa TK Pertiwi 10 Imogiri menunjukan sikap nasionalisme yang positif pada siswa kelas A dan B.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah M. Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Nasionalis
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Jun 2020 12:05
Last Modified: 15 Jun 2020 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum