PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BERBAHASA JAWA SANTUN ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI TEGALMULYO KEMALANG KLATEN

NURTI MARET, NIM.15430107 (2020) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BERBAHASA JAWA SANTUN ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI TEGALMULYO KEMALANG KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BERBAHASA JAWA SANTUN ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI TEGALMULYO KEMALANG KLATEN)
15430107_NURTI MARET_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BERBAHASA JAWA SANTUN ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI TEGALMULYO KEMALANG KLATEN)
15430107_NURTI MARET_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak khususnya bahasa Jawa belum tercapai dengan semestinya. Bahasa Jawa merupakan cerminan dari tata krama, serta berbahasa jawa santun akan membentuk budi pekerti terpuji. Oleh karena itu penanaman berbahasa Jawa santun sangat penting ditanamkan pada anak. Dalam penelitian ini peran guru sangat perlu untuk menanamkan berbahasa jawa santun pada Lembaga Pendidikan anak usia dini khususnya TK Pertiwi Tegalmulyo Kelompok B. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan berbahasa Jawa santun serta faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan berbahasa Jawa santun anak kelompok B TK Pertiwi Tegalmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi di TK Pertiwi Tegalmulyo. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru dalam menanamkan berbahasa Jawa santun anak kelompok B TK Pertiwi Tegalmulyo, meliputi: peran guru sebagai pendidik contohnya guru mengajarkan dan memberikan pemahaman kepada anak mengenai cara sopan santun dalam berbahasa kepada guru dan orang tua serta teman, peran guru sebagai teladan dengan guru selalu menunjukkan sopan santun dalam berbicara dan perbuatan, peran guru sebagai pembimbing contohnya guru selalu membimbing kata per kata bahasa anak agar dapat sesuai dengan unggah-ungguh, peran guru sebagai pengajar contonya guru mampu mananamkan bahasa Jawa santun anak melalui alat peraga dalam pembelajaran di xii kelas, peran guru sebagai pembaharu dengan guru mampu memperkenalkan kosa kata baru dalam bahasa Jawa, serta peran guru sebagai evaluator contohnya guru mampu menilai perkembangan bahasa Jawa anak. Faktor Pendukung dalam peran guru menanamkan berbahasa Jawa santun anak kelompok B TK Pertiwi Tegalmulyo, yaitu faktor lingkungan, guru, dukungan dari orang tua, sarana dan prasarana serta dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam dalam peran guru menanamkan berbahasa Jawa santun anak kelompok B TK Pertiwi Tegalmulyo adalah kemajuan zaman, peran orang tua, pembiasaan dan jarangnya media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : peran guru, berbahasa jawa santun, anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jun 2020 11:02
Last Modified: 18 Jun 2020 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39543

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum