MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B 6 MELALUI TARI KREASI LILIN DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA

Kurnia Sapta Rena, NIM. 15430075 (2020) MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B 6 MELALUI TARI KREASI LILIN DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B 6 MELALUI TARI KREASI LILIN DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA)
15430075_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B 6 MELALUI TARI KREASI LILIN DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA)
15430075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, bahwa anak-anak kelompok B6 di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta, masih ada di antara mereka yang masih belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi, seperti pemalu dan bersikap kurang baik. Karena tingkat kepercayaan diri dari masing-masing anak berbeda-beda. Disamping itu, pihak sekolah juga selalu menjembatani anak-anak untuk senantiasa menyalurkan bakatnya melalui event-event maupun acara tertentu, sebagai upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan diri anak melalui kegiatan tari kreasi lilin kelompok B 6 di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta, proses kegiatan tari, dampak kegiatan tari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak-anak kelompok B 6, kepala sekolah, wali kelas dan guru tari. Kehadiran peneliti sebagai pengamat instrumen dan pengamat partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menggunakan deskriptif analitis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepercayaan diri anak melalui seni tari kreasi lilin kelompok B 6 di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta terlaksana sesuai dengan harapan, hal ini terlihat ketika anak-anak dapat mengikuti kegiatan tari kreasi lilin dan mampu mengekspresikan dirinya. (2) Dampak dari kegiatan tari kreasi lilin untuk menunmbuhkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan tari viii kreasi lilin kelompok B 6 di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta memberikan dampak baik dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak hal ini dapat dilihat dari tercapinya indikator kepercayaan diri anak kelompok B 6 berdasarkan STPPA yang mengacu pada kurikulum 2013. Kata kunci: Tari kreasi lilin, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, S. Pd.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tari kreasi lilin, kepercayaan diri
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jun 2020 12:13
Last Modified: 18 Jun 2020 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum