PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR BANGUN DATAR UNTUK PENGENALAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Ika Fitri Amiroh, NIM: 15430035 (2020) PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR BANGUN DATAR UNTUK PENGENALAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR BANGUN DATAR UNTUK PENGENALAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN RODA PINTAR BANGUN DATAR UNTUK PENGENALAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (996kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran media dalam kegiatan pendidikan untuk anak usia dini semakin penting artinya mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkrit, oleh karena itu salah satu prinsip pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata. Dengan demikian dalam pendidikan anak usia dini harus menggunakan sesuatu yang memungkinkan anak dapat belajar secara konkrit. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media permainan roda pintar bangun datar untuk pengenalan calistung pada anak di usia 5-6 tahun di RA Ar-Rafif Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dimana penelitian kualitatif, yang menjadi intrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Peneliti sebagai instrumen tentunya harus “divalidasi” seberapa jauh peneliti kualitatif siap melakukan penelitian yang akan terjun langsung ke lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beberapa manfaat dari media permainan roda pintar bangun datar untuk pengenalan calistung anak usia 5-6 tahun berdasarkan hasil penelitian, yaitu sebagai bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, mempersiapkan perkembangan literasi pada anak, manfaat estetika (keindahan) dan meningkatkan konsentrasi anak. (2) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara umum cara kerja media permainan roda pintar bangun datar hapir sama satu sama lain yang membedakan hanya tema, temapat dan bahan yang digunakan. Pada dasarnya guru menggunakan bentuk bangun datar yang ada disekitar anak, seperti lingkaran, persegi, persegi panjang dan segitiga yang umum dijumpai anak. Media permainan roda pintar bangun datar untuk pengenalan calistung anak usia 5-6 tahun lebih baik dimanfaatkan saat pembelajaran di sentra balok, karena anak akan konsentrasi saat sebelum memasuki kegiatan inti. Kata kunci:manfaatmedia permainan roda pintar bangun datar, pengenalan calistung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:38
Last Modified: 18 Jun 2020 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39547

Actions (login required)

View Item View Item