MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) MELALUI PELATIHAN AKTIVITAS KERELAWANAN DI AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA

Mirnawati BT Anton, NIM. 15230018 (2020) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) MELALUI PELATIHAN AKTIVITAS KERELAWANAN DI AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) MELALUI PELATIHAN AKTIVITAS KERELAWANAN DI AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA)
15230018_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) MELALUI PELATIHAN AKTIVITAS KERELAWANAN DI AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) YOGYAKARTA)
15230018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Organisasi sosial sering menghadapi persoalan yang berkaitan dengan para relawannya dalam mencapai tujuan, cita-cita, dan sasaran yang telah ditetapkan oleh setiap organisasi. Relawan merupakan seorang atau kelompok masyarakat yang secara ikhlas karena panggilan nuraninya memberikan apa yang dimilikinya baik pikiran, waktu, kemampuan kepada masyarakat. Relawan sebagian ada yang tidak profasionalis sehingga pelatihan dan pengembangan relawan dalam suatu organisasi sosial perlu ada pengaturan, tahapan proses perencanaan keorganisasian. Salah satu organisasi sosial yang peduli dengan relawannya adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT) dibuktikan dengan mendirikan Masyarakat Relawan Indonesia(MRI) Jogjakarta sebagai tempat untuk mencetak relawan yang siap siaga melalui berbagai aktivitas pelatihan kerleawanaan maupun pemberdayaan anggota relawan MRI Jogjakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen proses pemberdayaan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) melalui pelatihan aktivitas kerelawanan di ACT Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif. Pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yakni menggunakan metode trianggulasi dan langkah-langkah menganalisis data dengan tiga langkah yakni proses pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, manajemen relawan MRI Jogjakarta sudah baik, pertama, adanya tahap rekruitmen dengan lebih menggunakan metode pendaftaran online dan offline dan model pencarian terhadap relawan yang digunakan adalah pragmatis. Hal ini karena semua pendaftar akan diterimah selama memenuhi adminstrasi pendaftaran. Kedua, bahwa MRI Jogja melakukan Rentention (pemeliharaan relawan) agar relawan tetap betah dan tidak meninggalkan organisasi. oleh karena itu MRI Jogja memiliki kegiatan-kegiatan tertentu seperti: mengadakan pertemuan dan rapat bersama relawan agar terjalin komunikasi dengan baik, memberitakan kegiatan relawan ke media, memberikan penghargaan kepada relawan, menawarkan kesempatan untuk berkembang secara profesional, dan dll. ketiga, mengadakan MONEV atau pemantauan dan evaluasi terhadap kemajuan relawan. kemudian Pemberdayaan relawan peneliti mengunakan teori Suzanne J Lewicz mengenai model-model pelatihan yang umumnya digunakan untuk pelatihan tenaga kerelawanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra .Hj.Sriharini.S.Ag.M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen relawan, organisasi sosial, model-model pelatihan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jun 2020 12:58
Last Modified: 22 Jun 2020 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum