EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA

RESTU AJI, NIM. 16600010 (2020) EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA)
16600010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA)
16600010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence siswa SMA N 2 Banguntapan. Penyebab dari rendahnya kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence adalah pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI serta variabel terikat yaitu kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Banguntapan. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI. Instrumen dalam penelitian ini, adalah pretest-posttest kemampuan pembuktian matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI, sama dengan pembelajaran konvensional terhadap self-confidence siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individuality (TAI), Kemampuan Pembuktian Matematis, Self-Confidence.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jun 2020 12:15
Last Modified: 24 Jun 2020 12:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum