PERJANJIAN PERBATASAN INDONESIA FILIPINA DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF STUDI PERBANDINGAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM ISLAM

ZAINAL ABIDIN, NIM. 13360072 (2020) PERJANJIAN PERBATASAN INDONESIA FILIPINA DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF STUDI PERBANDINGAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERJANJIAN PERBATASAN INDONESIA FILIPINA DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF STUDI PERBANDINGAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM ISLAM)
13360072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERJANJIAN PERBATASAN INDONESIA FILIPINA DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF STUDI PERBANDINGAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM ISLAM)
13360072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pulau Miangas merupakan salah satu pulau terluar yang dimiliki Indonesia, pulau terluar tersebut harus ditetapak dengan UU agar tidak diklaim oleh negara lain. Proses penyelesaian perbatasan Indonesia Filipina, berawal pada tahun 1956, delegasi Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Filipina mengadakan pertemuan di Jakarta. Pertemuan tersebut, membahas berkaitan dengan penemuan dilapangan, sejumlah orang Indonesia yang berdiam tanpa izin di daerah Filipina, dan sejumlah orang Filipina yang berdiam tanpa izin di daerah Indonesia, dengan demikian, pada tanggal 4 Juli 1956. Perjanjian dipilah menjadi: (1) penyelesaian soal berdiamnya warga negara masing-masing di wilayah pihak yang lain secara tidak sah; (2) memecahkan soal mondar-mandirnya warga, perjanjian tersebut tertuang dalam Undang-undang nomor 77 tahun 1957 dan dikenal sebagai Undang-undang Persetujuan Mengenai Warga Negara yang Berada secara tidak sah di daerah Republik Indonesia dan Republik Filipina. selanjutnya Indonesia Filipina membahas Penetapan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang berada di pulau Miangas kec. Khusus Miangas Kab. Kepulauan Talaud, provinsi Sulawesi Utara Indonesia. batas dan haknya ditetapkan dengan Undang-undang, perjanjian tersebut tertuang melalui Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2017 Tentang “Pengesahan Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesai dan Pemerintah Republik Filipina Mengenai Penetapan Batas Zona Ekonomi Eksklusif, 2014. dalam rangka mengidentifikasi persoalan di atas, maka akan dikaji dan di teliti dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses perjanjian perbatasan Indonesia Filipina di (ZEE) dalam Hukum Nasional; (2) Bagaimana kesesuaian aturan UU No 4 Tahun 2017 tentang perjanjian perbatasan (ZEE) Indonesia Filipina menurut Hukum Islam. Jenis Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan, sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif-yuridis, dan pendekatan yang penyusun gunakan untuk memperoleh pengetahuan yang benar adalah pendekatan yuridis-normatif, pendekatan yang mengacu pada Hukum Nasional dan Hukum Islam. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, yang berada di laut Sulawesi Indonesia dan laut Filipina, sudah ditetapkan dalam UU No 4 Tahun 2017. Filipina mengakui ZEE tersebut merupakan milik Indonesia. Secara yuridisdi di (ZEE) tersebut, Indonesia memiliki hak berdaulat untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi baik sumber daya alam hayati maupun non hayati. Nilai-nilai yang terkandung dalam perjanjian perbatasan Indonesia Filipina di (ZEE), nilai yang terkandung tersebut sudah sejalan dengan nilai-nilai dalam Hukum Islam dalam hal ini Sad Adz-Dzari’ah dan Maqasid Syari‟ah. Nilai yang saling mendukung tersebut dalam hal preventif, dalam rangka menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk, serta agar tidak terjadi hal-hal yang berdampak negatif yang merugikan Indonesia maupun masyarakat yang hidup secara langsung di zona tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. LINDRA DARNELA, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Perbatasan, Zona Ekonomi Eksklusif, Hukum Islam
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:42
Last Modified: 25 Jun 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum