PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA

Dyah Puspitasari, NIM. 16410026 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
16410026_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
16410026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan formal seharusnya tidak hanya mementingkan aspek kualitas akademik saja namun juga memiliki tanggung jawab dalam mempersiapakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan berkarakter. Guru akidah akhlak sebagai pendidik dan pengajar memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter Islami siswanya. Saat ini pelaksanaan pendidikan karakter Islami di sekolah, masih memiliki kendala yang disebabkan berbagai faktor seperti pengaruh pergaulan teman yang menyebabkan beberapa siswa membolos saat kegiatan jumatan, dan berkata tidak sopan. Diperlukan peran guru akidah dalam menanamkan pendidikan karakter siswa melalui metode-metode pembentukan karakter yang dilakukan saat kegiatan pembelajaran maupun pada kegiatan di luar mata pelajaran akidah akhlak agar siswa memiliki karakter Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTsN 6 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji kebasahan data, penulis menggunakan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: peran guru akidah akhlak sebagai pendidik melalui kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas, memiliki wibawa, dan menerapkan pebiasaan perilaku baik seperti : beribadah tepat waktu, berkata jujur, mematuhi peraturan madrasah dan lain-lain. Peran sebagai teladanan bagi menjadi contoh bagi siswa dalam berperilaku, bersikap, berbicara, dan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik. Peran sebagai pembimbing proses belajar siswa dan memberi bimbingan bagi masalah pribadi siwa, melalui metode pengajaran dikelas dan metode nasihat. Guru akidah akhlak sebagai penasihat memberikan nasihat dan perhatian dalam permasalahan siswa. Sebagai pengajar membantu pemahaman siswa untuk mempelajari sesuatu melalui metode pembentukan karakter dan penanaman pendidikan karakter melalui PPK. 2) Faktor pendukung penanaman karakter Islami di MTsN 6 Sleman antara lain fasilitas yang memadai, penyampaian materi pelajaran yang menarik, menciptakan hubungan yang baik, sikap semangat yang tinggi dan komunikatif. Fakor penghambat antara lain kegiatan pembelajaran setelah jam istirahat, kurangnya jam pelajaran, pengaruh teman dan pergaulan siswa, dan pengaruh keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.,
Uncontrolled Keywords: peran guru akidah akhlak, pendidikan karakter, penanaman karakter Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Jun 2020 11:41
Last Modified: 25 Jun 2020 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum