PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI MTs NEGERI 6 SLEMAN

RHEVIANA DIAN MIRANTI, NIM. 16410086 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI MTs NEGERI 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI MTs NEGERI 6 SLEMAN)
16410086_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI MTs NEGERI 6 SLEMAN)
16410086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di era sekarang ini banyak kasus yang menimpa kalangan pelajar, terutama dalam pembiasaan hal-hal Islam seperti ikut terlibat dengan geng dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Orangtua merasa cemas jika anaknya mengikuti beladiri, ditakutkan akan menjadi nakal dan berbuat diluar kendali. Maka dari itu dalam Perguruan TAPAK SUCI ditanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam sehingga meminimalisir remajaremaja untuk terlibat dengan geng dan berbuat onar. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, nilai-nilai pendidikan agama Islam apa saja yang terkandung, dan apa faktor pendukung dan penghambat penanaman pendidikan agama Islam melalui ekstrakurikuler TAPAK SUCI di MTs Negeri 6 Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung di dalamnya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa melalui program ekstrakurikuler TAPAK SUCI di MTs Negeri 6 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 metode yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penanaman nilainilai pendidikan agama Islam pada siswa melalui ekstrakurikuler TAPAK SUCI di MTs Negeri 6 Sleman dilaksanakan dengan urutan proses: pengkondisian siswa, pembukaan yang dilanjutkan dengan kultum, pemanasan, pemberian materi, pendinginan, dan penutup. 2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler TAPAK SUCI di MTs Negeri 6 Sleman antara lain: nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak.3) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu sekolah mendukung semua kegiatan ekstrakurikuler, siswa dapat mencontoh suru tauladan baik dari guru PAI maupun pelatih ekstrakurikuler, dan fasilitas latihan yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu siswa terkadang kurang semangat dalam mengikuti latihan dan kurangnya jam latihan yang disediakan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, Siswa, Ekstrakurikuler TAPAK SUCI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Jun 2020 11:55
Last Modified: 25 Jun 2020 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum