MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN)

Wulandari Amanda, NIM. 15430026 (2020) MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN))
15430026_BAB_I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN))
15430026_BAB_II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (922kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi adanya trobosan baru di model pembelajaran anak usia dini berupa model pembelajaran sentra, memberikan kesempatan yang baik bagi pendidikan anak usia dini untuk dapat mengembangkan potensi anak sejak dini. Kecerdasan bukan hanya tentang nilai dan kemampuan logis-matematis. Namun kecerdasan merupakan bahasan yang luas tentang potensi unik yang ada dalam setiap diri manusia. Tujuan penelitian ini terletak pada bagaiman model pembelajaran sentra memberikan sumbangan yang positif bagi terselenggaranya pendidikan anak usia dini yang lebih baik. Pendidikan anak usia dini hakikatnya merupakan pengenalan dan proses menggali kemampuan dan minat anak. Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang menanamkan karakter anak sekaligus menemukan bakat alami anak yang merupakan modal awal pemberian stimulasi yang tepat pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif yang menjelaskan kegiatan belajar anak usia dengan metode pembelajaran berbasis sentra di RA Permata Hati Al-Mahalli Pleret Bantul. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu, metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran sentra di RA Permata Hati Al-Mahalli dapat menjadi fasilitas pengembangan kecerdasan majemuk terbukti dari kegiatanya yang beragam dan anak dapat memilih sesuai keginginanya sendiri.Kegiatan di model xviii pembelajaran berbasis sentra yang beragam dan melibatkan kemampuan anak untuk memilih jenis kegaiatan main yang akan dilakukan, menjadikan potensi-potensi anak yang unik dapat dikembangkan dengan baik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan, bahwa pendidikan pada anak usia dini merupakan proses mengasah dan menemukan potensi dalam diri anak bukan mengejar angka pada hasil proses belajarnya Kata kunci: kecerdasan majemuk, model pembelajaran berbasis sentra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan majemuk, model pembelajaran berbasis sentra.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jun 2020 10:43
Last Modified: 26 Jun 2020 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39616

Actions (login required)

View Item View Item