ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

IDA ROUDOTUNNISA - NIM. 05390088, (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB I, V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (921kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Manajemen laba adalah suatu tindakan yang dilakukan manajemen untuk mempengruhi laba yang dilaporkan yang dapat memberikan keuntungan secara personal atau untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan pajak terhadap tindak manajemen laba (earnings management) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan data empiris dengan sampel perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2003-2008, dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang terdapat di laporan keuangan tahunan perusahaan. Data ini diperoleh dari ICMD, website IDX dan PDBE Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Metode analisis statistik yang digunakan adalah alat analisis regresi berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu variabel dependen manajemen laba (earnings management) yang diproksikan dengan discretionary accrual. Tiga variabel independen yaitu leverage, ukuran perusahaan dan pajak. Berdasarkan pengujian statistik dan analisis maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba (earning management) dan variabel leverage tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Levergae tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba karena hutang yang dimiliki perusahaan tidak menjadikan manajemen melakukan manajemen laba karena ada cara lain untuk menutupinya yaitu manajer bisa memilih metode akuntansi yang digunakan untuk mengatasi masalah hutang. Ukuran perusahaan berpengruh signifikan terhadap manajemen laba menunjukkan bahwa semakin besar perusahaan maka peluang untuk melakukan manajemen laba semakin besar karena perusahaan besar harus memberikan informasi yang baik kepada publik tentang keadaan perusahaan. Faktor pajak yang berpengruh signifikan terhadap manajemen laba menunjukkan bahwa manajemen akan melakukan manajemen laba terhadap laba yang diperoleh untuk meminimalisir besarnya pajak yang harus dibayarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. DR. MISNEN ARDIYANSAH, SE, M.Si 2. DRS. A. YUSUF KHOIRUDIN, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Earning management, leverage, ukuran perusahaan, pajak, Jakarta Islamic Index
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Aug 2012 17:16
Last Modified: 22 Aug 2016 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item