Pesan Tanwir ‘Aisyiyah: Berdakwahlah Dengan Gembira!

 Pesan Tanwir ‘Aisyiyah: Berdakwahlah Dengan Gembira!
IBTimes.ID            
Oleh: Siti Syamsiyatun

Aisyiyah, salah satu organisasi wanita Muslim Indonesia yang paling terkemuka, saat ini menyelenggarakan pertemuan nasionalnya yang bernama Sidang Tanwir, level kedua dari kongres tertinggi Muktamar. Sidang Tanwir berlangsung dari 16-18 November 2019, dan berlangsung di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), universitas pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dikembangkan dan dikelola oleh organisasi wanita Muslim.

Selain dihadiri oleh perwakilan ‘anggota Aisyiyah dari seluruh penjuru negeri, Sidang Tanwir juga mengundang Menteri-menteri Indonesia yang terkait. Seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Perusahaan Menengah, para pemimpin berbagai organisasi wanita, organisasi Islam berbasis massa, Rektor universitas Muhammadiyah di sekitar area, pejabat pemerintah lokal dan nasional, juga mitra organisasi lain.

Aisyiyah: Pesan dari Sidang Tanwir

Sidang Tanwir saat ini berfokus pada tema “Dinaminasi Gerakan, Menyebarkan Islam Progresif”, sehingga membahas berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa ini. Mulai dari masalah kesehatan, pengerdilan, perkawinan anak di bawah umur, pendidikan anak-anak, keluarga sakinah, pembangunan karakter, kekerasan, ekstrimisme, dan lain-lain.

Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam sambutannya, menyoroti kegembiraan dan impian menjadi ‘Aisyiyah dengan menjelaskan bahwa Sidang Tanwir dihadiri oleh lebih dari 300 anggota, mewakili 34 pemimpin provinsi’ Aisyiyah sesuai dengan kuota yang ditetapkan.

‘Aisyiyah juga merayakan peringatan seratus tahun layanan melalui Taman Kanak-kanak‘ Aisyiyah Bustanul Athfal (dikenal luas sebagai TK ABA). Pada awal 1919, ‘Aisyiyah telah melihat pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini, sehingga mulai mengembangkan taman kanak-kanak. Menurut Ketua PP Aisyiah, mengutip mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, ‘Aisyiyah telah berkontribusi sekitar 25% dari pendidikan anak usia dini di Indonesia.

***

Ia juga mengingatkan semua anggota bahwa religiositas progresif yang dipromosikan oleh ‘Aisyiyah memiliki arti bahwa semua kegiatan terprogramnya harus memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat kita saat ini, sehingga‘ Aisyiyah harus memperkuat keterlibatan dan koneksi akar rumputnya.

‘Aisyiyah harus bekerja, bekerja sama dengan mitra yang lebih cerdas dan strategis untuk mengakhiri kekerasan. Ia menganggap kekerasan mungkin dipicu oleh berbagai faktor, seperti struktur ekonomi yang tidak merata, diskriminasi, kemitraan yang tidak adil dalam perkawinan, ideologi politik, dan religiusitas yang ekstrem.

Dengan rasa terima kasih yang mendalam, Ia secara khusus mengakui kontribusi semua guru di sekolah ‘Aisyiyah, dari taman kanak-kanak hingga universitas, dulu dan sekarang, untuk semua perjuangan tulus mereka dalam mengolah jiwa, pikiran dan tubuh anak-anak dan remaja Indonesia.

***

Selain pembicaraan dan diskusi formal, Sidang Tanwir juga menghadirkan pertunjukan budaya dan seni, seperti paduan suara dari mahasiswa UNISA, tarian dari Aceh, dan koreografi kontemporer. Juga terdapat tempat di mana anggota ‘Aisyiyah memamerkan, memperkenalkan, dan menjual produk mereka. Juga ada juga pameran dokumenter.

Semua ini mencirikan Islam vernakular sebagaimana dipahami oleh ‘Aisyiyah, sehingga memperkuat jalan tengah atau posisi moderat dalam religiusitas dan kewarganegaraan.

Aisyiyah : Ragam Proses Menghayatinya

Melihat apa yang telah dilakukan oleh para perempuan Aisyiyah di masa lalu dan sekarang selama lebih dari seratus tahun, membuat saya bertanya-tanya apa yang membuat organisasi Aisyiyah ini tidak hanya tetap ada, tetapi juga berjuang dengan banyak inisiatif baru di seluruh nusantara. Apa artinya menjadi seorang ‘Aisyiyah? Mengapa mereka suka menjadi ‘Aisyiyah?

Fakta bahwa ‘Aisyiyah telah berhasil berdiri dengan anggun melawan cobaan dari berbagai era, dari pemerintahan kolonial Belanda, imperialisme Jepang, hingga tatanan politik Indonesia yang berbeda, menunjukkan bahwa ia harus memiliki kualitas khusus yang menarik dalam-dalam kesetiaan, jiwa, dan hati jutaan orang perempuan sejak didirikan pada tahun 1917 hingga 2019.

Pada bagian awal Sidang Tanwir, saya mewawancarai beberapa anggota. Berikut adalah beberapa contoh empiris mengapa mereka suka menjadi ‘Aisyiyah. Seorang wakil dari Semarang, Jawa Tengah, Ummul Baroroh, seorang dosen di UIN Walisongo Semarang, mengatakan, “Selain meneruskan tradisi keluarga, saya pribadi suka berada di ‘Aisyiyah karena anggotanya baik hati, tidak pernah serakah untuk mencari uang dari pemerintah.

***

‘Aisyiyah mandiri dalam mengatur berbagai programnya: di bidang kesehatan, pendidikan, budaya, dan seni, seperti menanam batik lokal, lagu-lagu lokal dan Islam. Ini mencakup banyak kegiatan, sehingga semua orang dapat terlibat, tidak peduli tingkat pendidikan Anda, atau kekayaan ”

Nikma Zaita, seorang ibu satu anak dari Bandung mengakui bahwa keterlibatannya dalam ‘Aisyiyah pertama kali termotivasi untuk mempertahankan aktivisme sosial ibunya di‘ Aisyiyah, “Saya pertama-tama mempertahankan jejak ibu saya.

Ketika saya terlibat, saya sangat menyukai kegiatan ini, saya akan berkomitmen untuk menjadi pengurus di cabang Aisyiyah. Kami melakukan banyak kegiatan untuk melayani masyarakat, memberikan pembelajaran, dan juga di bidang kesehatan yang kami tangani untuk memberantas TBC.

***

Kami juga mengembangkan program pelatihan pidato untuk perempuan. Sehingga mereka dapat berkomunikasi dan menyampaikan pesan di depan umum. Kami menemukan banyak wanita yang merasa cemas ketika diminta untuk berbicara di depan umum. Penting bagi perempuan yang aktif dalam ‘Aisyiyah untuk dapat berbicara dengan tenang di depan umum.”

Islamiyatur Rohmah, seorang staf pengajar di UNISA, seorang ibu dari tiga anak mengakui bahwa ketertarikannya pada ‘Aisyiyah dimulai secara tidak sadar sejak usia dini“. Saya dididik di TK ABA, kemudian ke sekolah dasar dan menengah Muhammadiyah. Ini memberi saya kepuasan dan ketenangan dengan aktif dalam ‘Aisyiyah.

Mengabdi kepada Allah dengan melayani manusia dan alam, untuk membuka jalan bagi kehidupan saya di akhirat kelak. Ketulusan dalam ‘Aisyiyah/Muhammadiyah sungguh luar biasa. Moto ‘hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah’ berakar dalam diri setiap anggota Aisyiyah.

Anggota ‘Aisyiyah lain yang berasal dari Padang, Witriani, seorang ibu dari dua anak, yang memperoleh gelar doktor dari Program Studi Antaragama, mengaku “Saya merasa’ Aisyiyah adalah tempat yang tepat untuk belajar seumur hidup, menghabiskan hidup dengan wanita-wanita hebat, berdedikasi, tulus dan setia”.

Aisyiyah: Selamat Tanwir!!

Sementara itu, Ailmatul Qibtiyah, Wakil Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, alumni Universitas Australia Barat, menyatakan “Nilai-nilai etika yang dipromosikan di ‘Aisyiyah hanya sesuai dengan keyakinan saya sendiri. Cara ia mengembangkan cara berpikir (manhaj) dan penerapan ijtihadnya dalam perilaku empiris (amaliyah) sesuai dengan visi saya. ”

Dwi Indah, dosen di UNISA, ibu dari 3 anak, menyebutkan menjadi ‘Aisyiyah“ adalah cara untuk berbakti kepada Allah. Dengan memberi kebahagiaan, dan kedamaian. Juga memberi waktu, perhatian, sumber daya, atau ide cemerlang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh komunitas kami, termasuk memberikan uang. Karena itu adalah jangkar kehidupan yang bahagia”

Dari beberapa wawancara di atas, tampaknya menjadi ‘Aisyiyah sangatlah berarti dan terdapat kesan dan nuansa berbeda satu sama lain. Di Aisyiah, mereka menemukan kehidupan yang seimbang. Seperti yang dijelaskan oleh para wanita; keseimbangan antara pencarian pribadi dan harmoni sosial dan kebahagiaan, antara layanan yang saleh dan aktivitas manusiawi, antara nilai-nilai Islam dan bahasa setempat. Selamat Sidang Tanwir ‘Aisyiyah!


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

Tinggalkan Balasan

  • Facebook Comments
  • Wordpress Comments (0)
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.