PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA

Mujaddidul Amri, NIM. 16240027 (2020) PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA)
16240027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA)
16240027_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Mujaddidul Amri (16240027), Pengaruh persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk terhadap preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Yogyakarta Tahun 2019, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk terhadap preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Data yang diperoleh berasal dari 89 responden yang disebar kepada anggota aktif pengguna pembiayaan murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Yogyakarta dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner fisik. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji statistik parsial (T), dan uji ANOVA atau simultan (F), serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi pada tabel Adjusted R2 adalah 0,839. Hal tersebut berarti variabel dependen (preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah) dipengaruhi secara dominan oleh variabel independen (persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk) sebesar 83,9% dan sebesar 16,1% (100%-83,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji ANOVA (F), menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel dependen secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen. Secara parsial, berdasarkan hasil uji T variabel persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk menunjukkan hasil yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maryono S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pengetahuan, Preferensi, Murabahah, BMT BIF.
Subjects: Manajemen Dakwah Jurnal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Jul 2020 09:45
Last Modified: 13 Jul 2020 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39681

Actions (login required)

View Item View Item