PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA SMA/MA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

SETYA FADHLIYANA, NIM. 16670027 (2020) PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA SMA/MA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA SMA/MA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR)
16670027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA SMA/MA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR)
16670027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang untuk mengekplorasi kemampuan peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi, pelaksanaan pembinaan OSN di sekolah belum berjalan dengan efisien dan efektif. Kurangnya buku pegangan untuk pembinaan OSN menjadi hambatan bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan pemecahan soal setingkat OSN. Salah satu materi OSN dalam mata pelajaran Kimia adalah struktur atom dan sistem periodik unsur yang merupakan materi konsep dasar. Peserta olimpiade Kimia SMA/MA kesulitan membedakan model atom dan kurang memahami keteraturan sifat-sifat periodik unsur. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan modul OSN Kimia SMA/MA materi struktur atom dan sistem periodik unsur agar peserta didik terbiasa mengerjakan soal setingkat OSN sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi sampai pada tahap kelima. Produk pengembangan divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk pengembangan dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru Kimia SMA/MA, dan direspon oleh sepuluh peserta olimpiade Kimia SMA/MA. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket Likert skala lima, sedangkan respon terhadap produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah dikembangkan merupakan modul cetak dengan ukuran B5 berisi materi struktur atom dan sistem periodik unsur yang memuat soal-soal Olimpiade Sains Kimia SMA/MA tingkat Kabupaten/Kota (OSK), tingkat Provinsi (OSP), tingkat Nasional (OSN), yang disertai dengan pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh persentase 92,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas produk oleh ahli media memperoleh persentase 98,18% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas produk oleh guru Kimia SMA/MA memperoleh presentase 85,48% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan respon peserta olimpiade Kimia SMA/MA terhadap modul ini sangat positif dengan persentase 95,83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Olimpiade Sains Nasional Kimia, Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2020 13:52
Last Modified: 16 Jul 2020 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum