BIMBINGAN PRA NIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CALON PENGANTIN LEPAS DARI ORANG TUA DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA

Nur Latifah, NIM. 16220048 (2020) BIMBINGAN PRA NIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CALON PENGANTIN LEPAS DARI ORANG TUA DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRA NIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CALON PENGANTIN LEPAS DARI ORANG TUA DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA)
16220048_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRA NIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN CALON PENGANTIN LEPAS DARI ORANG TUA DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA)
16220048_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh calon pengantin seperti tingkat ekonomi, tingkat kesiapan dan kematangan calon pengantin dalam membina rumah tangga di masa depan. Maka dari itu, peran bimbingan pra nikah menjadi sangat penting dan vital sebagai bekal bagi calon pengantin untuk melakukan perencanaan kehidupan dan pengambilan tindakan akan keputusan yang tepat. Tujuan penelitian adalah cara bimbingan pra nikah dan tingkat kemandirian calon pengantin lepas dari orang tua di KUA Umbulharjo Yogyakarta. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan skala dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods (sequential exploratory), yakni analisis data kualitatif untuk mengetahui cara bimbingan pra nikah dan analisis data kuantitatif untuk mengetahui tingkat kemandirian calon pengantin lepas dari orang tua di KUA Umbulharjo Yogyakarta. Terdapat 1 penyuluh, 1 penghulu, 1 Kepala KUA, dan 48 calon pengantin yang dijadikan subjek dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa cara bimbingan pra nikah melalui tiga cara yaitu bimbingan mandiri, bimbingan terpadu dan bimbingan insidental. Sedangkan hasil perhitungan skala dari 48 subjek menunjukkan bahwa tingkat kemandirian calon pengantin lepas dari orang tua berada pada kategori sedang dengan jumlah 35,5%, yang artinya tingkat kemandirian calon pengantin cukup baik untuk lepas dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pra Nikah, Kemandirian Calon Pengantin Lepas dari Orang Tua
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jul 2020 09:09
Last Modified: 17 Jul 2020 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum