DRAWING ART DENGAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI SMP N 1 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Atifah Hanum, NIM. 17200010003 (2020) DRAWING ART DENGAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI SMP N 1 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DRAWING ART DENGAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI SMP N 1 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA)
17200010003_BAB-I_ IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DRAWING ART DENGAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI SMP N 1 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA)
17200010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan mudah di akses dapat mempengaruhi remaja yang memiliki keterampilan sosial rendah. Keterampilan sosial merupakan modal dasar kehidupan sosial dengan keluarga, teman, guru maupun masyarakat sekitar. Remaja yang kurang memiliki keterampilan sosial berpengaruh pada sulitnya berkomunikasi secara verbal dan seni dapat digunakan sebagai pengungkap masalah yang menyenangkan bagi remaja. Ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan keterampilan sosial. Salah satunya menggunakan drawing art dengan motivational interviewing. Drawing art sebagai alat untuk mengekspresikan permasalahan sedangkan motivational interviewing sebagai langkah dalam merubah perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh drawing art dengan motivational interviewing dalam meningkatkan masalah keterampilan remaja di SMP 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental one grup pre-test dan post-test design, menggunakan purposive sampling berdasarkan nilai dari skala keterampilan sosial kategori rendah dengan jumlah 10 siswa kelas 1 di SMP Negeri Wonosari. Analisis data menggunakan SPSS dan uji Wilcoxon. Pengumpulan data dengan skala keterampilan sosial, observasi, wawancara, dan dokumentasi pelaksanaan treatment. Hasil dari penggunaan drawing art dengan motivational intervieing dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada 9 dari 10 siswa yang mengalami peningkatan keterampilan sosial pada nilai pre-test ke nilai post-test. Mean ranks atau rata-rata peningkatannya sebesar 5,56%. Hasil akhir dengan menggunakan uji Wilcoxon di dapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05 maka hipotesis di terima artinya ada perbedaan antara keterampilan sosial dari hasil pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan drawing art dengan motivational interviewing dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa di SMP 1 Wonosari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Saadah, S.Psi., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Drawing Art, Motivational Interviewing, Keterampilan Sosial
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jul 2020 10:38
Last Modified: 17 Jul 2020 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum