Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

Latipah,, Eva (2019) Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah). Working Paper. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah))
Pengaruh Strategi Experiential Learning.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview

Abstract

Self regulated learning memiliki peranan yang sangat penting terhadap banyak aspek kehidupan terutama bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning dan komponen-komponennya (motivasi belajar, strategi belajar kognitif, regulasi metakognitif, dan kelola sumber daya) mahasiswa PGMI. Hipotesis yang diuji adalah ada pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning dan komponen-komponennya (motivasi belajar, strategi belajar kognitif, regulasi metakognitif, dan kelola sumber daya) mahasiswa PGMI. Subjek penelitian ini adalah 40 orang kelompok eksperimen dan 40 orang kelompok kontrol mahasiswa PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Dua instrumen digunakan dalam pengumpulan data yaitu modul experiential learning dan skala self regulated learning. Teknik analisis multivariat dua jalur digunakan untuk menganalisis data. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan self regulated learning (F=18,213; p<0,01), motivasi belajar (F=18,308; p<0,01), strategi belajar kognitif (F=15,427; p<0,01), regulasi metakognitif (F=9,859; p<0,01), dan kelola sumber daya (F=10,725; p<0,01) yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ini artinya bahwa strategi experiential learning berpengaruh positif sangat signifikan terhadap self regulated learning mahasiswa PGMI.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa PGMI, self regulated learning, strategi experiential learning.
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Paper
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2020 16:27
Last Modified: 19 Jul 2020 16:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum