HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BLOCK SYSTEM PROSES INDUSTRI KIMIA DI SMTI YOGYAKARTA

Nurviana Arum Yudanti, NIM. 16670031 (2020) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BLOCK SYSTEM PROSES INDUSTRI KIMIA DI SMTI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BLOCK SYSTEM PROSES INDUSTRI KIMIA DI SMTI YOGYAKARTA)
16670031_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BLOCK SYSTEM PROSES INDUSTRI KIMIA DI SMTI YOGYAKARTA)
16670031_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran block system merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa jam pelajaran menjadi satu satuan waktu yang panjang, dengan tolak ukur materi dapat tersampaikan secara utuh dan siswa dapat belajar dengan maksimal tanpa terpisah-pisah. Minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran block system merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan sistem blok sendiri, karena tujuan utama dalam pembelajaran block system adalah meningkatkan kompetensi siswa dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Proses Industri Kimia di SMTI Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto. Metode yang digunakan adalah korelasional dan partisipan dalam penelitian sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi untuk memperoleh data minat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, tes untuk memperoleh data hasil belajar Proses Industri Kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Berdasakan hasil penelitian diketahui korelasi antara minat terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r=0,549 dalam xix kategori sedang. Pengaruh minat terhadap hasil belajar sebesar 30,1%. Korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,486 dalam kategori sedang. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 23,7%. Sedangkan hubungan antara minat dan motivasi (secara simultan) terhadap hasil belajar belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,590 dalam kategori sedang. Pengaruh minat dan motivasi secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 34,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Block System, minat, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Jul 2020 13:40
Last Modified: 20 Jul 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum