EFEKTIVITAS TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SAMIRONO

AMIRAH MAULIDA, NIM. 16410008 (2020) EFEKTIVITAS TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SAMIRONO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SAMIRONO)
16410008_BAB I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SAMIRONO)
16410008_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mempelajari Al-Qur‟an sejak dini, karena dari potensi yang dimiliki seorang anak, hendaknya dapat tercurahkan untuk menerima pembelajaran Al-Qur‟an, supaya dapat tertanam sikap religius dalam dirinya. Persoalan yang terjadi di sekolah masih terdapat beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur‟an, idealnya peserta didik yang lulus dari Sekolah Dasar sudah dapat membaca Al-Qur‟an dengan fasih, demi menunjang kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung. TBTQ sebagai salah satu program yang memiliki tujuan untuk dapat sebagai wadah bagi peserta didik untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur‟an di lingkungan sekolah. Maka, dengan diselenggarakan program tersebut menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana efektivitas program TBTQ dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di SD Negeri Samirono. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar SD Negeri Samirono. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program TBTQ di SD Negeri Samirono sudah berjalan dengan efektif, ditunjukkan dengan tercapainya indikator-indikator efektivitas pembelajaran berikut ini: a. Kesesuaian proses pembelajaran dengan kurikulum, b. Terlaksananya program pembelajaran oleh guru, c. ix Keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran, d. Motivasi siswa meningkat, e. Kualitas hasil belajar yang dicapai oleh siswa. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran TBTQ yaitu: a. Adanya kebijakan dari sekolah, b. Dukungan dari wali siswa, c. Tersedianya fasilitas dari sekolah dan ketakmiran Masjid Nida‟ul Khoir, d. Terlaksananya evaluasi pembelajaran setiap akhir bulan, e. Kualitas ustadz dan ustadzah TBTQ yang mumpuni dalam mengajarkan baca tulis Al-Qur‟an kepada peserta didik. Selain faktor pendukung, terdapat faktor yang menghambat pembelajaran TBTQ, yaitu: a. Alokasi waktu pertemuan yang cukup singkat, b. Keterlambatan atau bahkan tidak adanya konfirmasi kehadiran dari ustadz atau ustadzah, c. Terjadinya miss commucation antara pihak sekolah dengan Tim TBTQ, d. Buku prestasi TBTQ hilang atau lupa dibawa oleh siswa, e. Masih terdapat beberapa siswa yang kurang memiliki minat dan motivasi untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TBTQ, Baca Tulis Al-Qur‟an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:04
Last Modified: 22 Jul 2020 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum