PERAN KETELADANAN USTADZ DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI MTS PUTRA DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Tedi Ariudin, NIM. 16410085 (2020) PERAN KETELADANAN USTADZ DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI MTS PUTRA DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KETELADANAN USTADZ DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI MTS PUTRA DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
16410085_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN KETELADANAN USTADZ DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI MTS PUTRA DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
16410085_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran ustadz dalam membentuk akhlak santri, salah satunya yaitu dengan keteladanan yang dapat membentuk akhlak santri. Ustadz merupakan salah satu komponen yang menentukan baik dan buruknya akhlak santri di pondok pesantren, karena ustadz tidak hanya menstransfer ilmu semata, melainkan figur yang harus menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi para santri. Oleh karena itu peneliti ingin mengungkap sejauh mana peran keteladanan ustadz dalam membentuk akhlak santri, hasil dari peran keteladanan ustadz dalam membentuk akhlak santri, serta faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk akhlak santri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (field research) dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dua metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran keteladanan ustadz dalam membentuk akhlak santri MTs putra di Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya tiga indikator akhlak yang dimiliki oleh santri yaitu pertama, akhlak santri terhadap Tuhan contohnya santri menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang oleh syari‟at Islam seperti tidak meminum-minuman keras, kedua, akhlak santri terhadap manusia contohnya santri berbicara dan berperilaku sopan kepada ustadnya, ketiga, akhlak santri terhadap alam atau lingkungan contohnya menjaga kebersihan pondok pesantren dan lingkungan sekitarnya. 2) Tercapainya indikator peran ustadz. Hal ini dapat dilihat dari adanya peran ustadz sebagai pembimbing, sebagai teladan, sebagai pengajar, sebagai pengawas, dan sebagai orang tua kedua. 3) Faktor pendukung adalah adanya komunikasi yang baik antara ustadz dan santri, motivasi dari orangtua yang dirumah, pengajian kitab akhlak, dan lingkungan pondok pesantren yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Lingkungan rumah, kurangnya perhatian ustadz, dan kurangnya kesadaran santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keteladana Ustadz, Akhlak Santri.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:32
Last Modified: 22 Jul 2020 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum