KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TULIS PADA MAHASISWA THAILAND (STUDI ATAS PEMBELAJAR BIPA DI PPB UIN SUNAN KALIJAGA)

Herniti, Ening (2017) KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TULIS PADA MAHASISWA THAILAND (STUDI ATAS PEMBELAJAR BIPA DI PPB UIN SUNAN KALIJAGA). THAQÃFIYYÃT,, 18 (1).

[img]
Preview
Text (KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TULIS PADA MAHASISWA THAILAND (STUDI ATAS PEMBELAJAR BIPA DI PPB UIN SUNAN KALIJAGA))
Kesalahan.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Kesalahan berbahasa Indonesia tulis penutur Thailand merupakan persoalan yang rumit bagi penutur asing karena mereka cenderung membahasatuliskan bahasa lisan. Kesalahan berbahasa ini akan berakibat pada gagalnya penyampaian pesan karena salah tafsir, tidak mengerti apa yang disampaikan, dan mubazirnya kata atau kalimat. Penelitian ini lebih fokus pada kesalahan berbahasa tulis karena kesalahan dalam bahasa tulis lebih mudah terdeteksi. Hal ini terjadi karena bahasa tulis memerlukan kelengkapan pungtuasi, keakuratan diksi, dan ketepatan struktur. Penelitian ini memaparkan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia pada bahasa tulis para pembelajar Thailand. Data diperoleh dari buku tugas harian pembelajar Thailand. Data kemudian diidentifikasi dan diklasifikasi berdasarkan kesalahannya. Data dianalisis secara kualitatif-preskriptif. Artinya, data dianalisis dengan memaparkan bentuk-bentuk kesalahan yang berpedoman pada kaidah pemakaian bahasa Indonesia tulis yang benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa tulis yang dilakukan pembelajar Thailand terjadi pada semua tataran kebahasaan, yakni tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Pada tataran fonologi, kesalahan berbahasa terdapat pada pelafalan karena perubahan fonem. Pada tataran morfologi, terdapat kesalahan karena tidak adanya imbuhan. Pada tataran sintaksis, kesalahan terdapat pada kesalahan penempatan konjungsi, tidak adanya preposisi, dan struktur yang tidak tepat. Pada tataran semantik, adanya makna yang hiperbola dan kesalahan diksi. Pada tataran wacana, adanya kesalahan penempatan deiksis tempat. Di samping itu, juga adanya kesalahan penerapan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang meliputi kesalahan penulisan kata serapan dan kesalahan penempatan pungtuasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesalahan berbahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan deiksis
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jul 2020 20:37
Last Modified: 26 Jul 2020 20:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum