PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON

KHARISMA AYU HAPSARI, NIM. 16670005 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON)
16670005_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON)
16670005_BAB II_sampai_BAB SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki peserta didik abad 21. Peserta didik abad 21 dituntut untuk mampu berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi hidrokarbon berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia SMA/MA) dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, disseminate), namun dibatasi sampai development. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar penilaian kualitas dengan skala Likert dan lembar respon peserta didik dengan skala Guttman. Hasil akhir produk pengembangan berupa media cetak berukuran B5 yang berisi materi hidrokarbon dan soal-soal berkarakteristik HOTS serta pembahasannya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapat persentase 88,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapatkan persentase 91,30% dengan kategori Sangat Baik (SB). Peserta didik merespon positif produk pengembangan ini dengan persentase sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Higher Order Thinking Skills, Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:59
Last Modified: 19 Aug 2020 17:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum