PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I YOGYAKARTA TAHUN 2019)

Erinda Cahya Arini, NIM. 16340077 (2020) PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I YOGYAKARTA TAHUN 2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I YOGYAKARTA TAHUN 2019))
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I YOGYAKARTA TAHUN 2019))
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) adalah pranata untuk melaksanakan bimbingan klien pemasyarakatan dan sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di Bidang Pembinaan Luar Lembaga Pemasyarakatan yang bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Wilayah kerja BAPAS Kelas I Yogyakarta meliputi Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Kenaikan kenakalan remaja dan pembaruan sistem peradilannya membuat penanganan kasus Anak berbeda dengan penanganan kasus Dewasa, yang membedakan penanganan jalur hukum adanya BAPAS.Perumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam pembimbingan terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum? Kedua, bagaimana upaya yang dilakukan PK dalam melaksanakan pembimbingan terhadap ABH di BAPAS? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis empirik, yakni usaha untuk mengumpulkan data dan menyusun suatu data, kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut. Seluruh data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan metode induktifuntuk menganalisis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan wawancara dengan Pembimbing Kemasyarakatan untuk mendapatkan data-data secara langsung di BAPAS Kelas I Yogyakarta, Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penyusun, bahwasanya peran Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yakni bahwa kerja PK berdasarkan permintaan dari Kepolisian, Jaksa Penuntut Umum, maupun pengadilan yang kemudian ditelaah selanjutnya hasilnya dituangkan ke dalam Litmas (penelitian kemasyarakatan). Di dalam penanganan ABH, ada 3 (tiga) tahapan yang dilakukan oleh PK dilaksanakan sejak anak menjalani proses peradilan sampai anak mendapat putusan pengadilan yaitu Pra Ajudikasi, Ajudikasi, dan Post Ajudikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.HUM.
Uncontrolled Keywords: Anak yang Berhadapan dengan Hukum, Pembimbing Kemasyarakatan, Sistem Peradilan Pidana Anak
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:43
Last Modified: 29 Jul 2020 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum