MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK UMUR 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELOMPOK A RA AR-RAFIF KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

RIA RESKY FAUZI, NIM. 15430012 (2020) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK UMUR 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELOMPOK A RA AR-RAFIF KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK UMUR 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELOMPOK A RA AR-RAFIF KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15430012_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK UMUR 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELOMPOK A RA AR-RAFIF KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15430012_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah:1)adakah peningkatan penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan Sleman sebelum pelaksanaan metode tanya jawab, 2) bagaimana setelah pelaksanaan metode tanya jawab dalam meningkatkan penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan, 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan. Tujuan penelitian ini adalah:1)untuk mengetahui penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun dapat meningkat dengan menggunakan metode tanya jawab di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan Sleman, 2)untuk mengetahui setelah menggunakan metode tanya jawab dalam penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan dikatakan meningkat, 3)untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, mengambil data yang dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Adapun urutan dalam penelitian ini mencakup: 1)perencanaan, 2)pelaksanaan, 3)observasi, dan 4)refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh dengan menganalisis catatan observasi dan dokumentasi, dan data kuantitatif diperoleh dengan menganalisis catatan observasi penyajian tabel/persentase. Kriteria dalam penelitian ini memakai rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) dalam meningkatkan penguasaan kosa kata anak di kelompok A RA Ar-Rafif kalasan sebelum pratindakan hanya mendapatkan sebesar 14,28% dengan nilai minimal kategori berkembang sangat baik (kategori berkembangan sangat baik dan berkembang sesuai harapan), 2) dengan menggunakan metode tanya jawab terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif kalasan pada siklus I terjadinya peningkatan sebesar 71,43% pada kategori berkembang sangat baik (kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan), 3) setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode tanya jawab dalam meningkatnya penguasaan kosa kata anak umur 4-5 tahun di kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan meningkat kembali pada siklus II mencapai 85,72% kategori berkembang sangat baik (kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hafidh Aziz, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosa Kata, Metode Tanya Jawab
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jul 2020 10:57
Last Modified: 29 Jul 2020 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum