PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUARIFATUL MAULIDIANA, NIM: 16420018 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-modul bahasa Arab, mengetahui kualitas media e-modul bahasa Arab, dan mengetahui respon siswa kelas X MAN 4 Ngawi terhadap media e-modul bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang terdiri dari 9 langkah yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk akhir. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru bahasa Arab dan direspon oleh 5 siswa pada uji coba terbatas dan 26 siswa pada uji coba luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon siswa terhadap produk tersebut. Teknik analisa data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media e-modul bahasa Arab. Kualitas e-modul bahasa Arab yang dikembangkan untuk siswa kelas X MAN 4 Ngawi menurut ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,40, persentase sebesar 88,00% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Menurut ahli media memperoleh skor rata-rata 4,56, persentase sebesar 91,25% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Dan menurut guru bahasa Arab memperoleh skor rata-rata 4,33 persentase sebesar 86,66% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan respon siswa terhadap e-modul bahasa Arab pada uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 4,00, persentase sebesar 80,00% dan termasuk dalam kategori Setuju (S) dan pada uji coba luas memperoleh skor rata-rata 4,51, persentase sebesar 90,23% dan termasuk dalam kategori Sangat Setuju (SS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media E-modul, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:15
Last Modified: 29 Jul 2020 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum