MODEL PENDIDIKAN BERBASIS CARING SHARING DIALOGUE UNTUK MEMBANGUN RELASI KESALINGAN DAN SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL

Sumarni, Sri (2020) MODEL PENDIDIKAN BERBASIS CARING SHARING DIALOGUE UNTUK MEMBANGUN RELASI KESALINGAN DAN SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL. Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Sumarni_HKI.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Archive
HAKI Sri Sumarni dan R-Model Pend.pdf - Other

Download (772kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Setiap manusia tentu menempuh jenjang pendidikan dengan segala dinamikanya. Melalui pendidikan yang tepat, akan lahir generasi unggul di masa depan. Terlebih dalam konteks tuntutan di era modern, maka spirit pendidikan juga harus membentuk pribadi yang mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan zamannya. Salah satu semangat di era modern adalah kemampuan berpikir kritis, inovatif, pandai berkomunikasi dan juga berkolaborasi. Kemampuan tersebut dapat tumbuh melalui model pendidikan yang tepat. Penelitian ini mencoba menggali model pendidikan yang dapat melahirkan individu yang berwawasan luas, adaptif, inovatif, kolaboratif dan memiliki moderasi dalam keberagamaan. Dengan mengangkat studi kasus komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) Indonesia melalui kegiatannya Student Interfaith Peace Camp (SIPC), dapat dilihat betapa penting dialog lintas iman (interfaith dialogue) dalam membangun semangat moderasi beragama di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. YIPC merupakan salah satu komunitas pemuda atau mahasiswa yang fokus pada kajian lintas iman dengan mengutamakan nilai-nilai perdamaian. Pendidikan yang dilakukan dalam SIPC berbasis pada membangun ruang perjumpaan, mengklarifikasi prasangka dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Dengan spirit dialog, dua inidividu yang awalnya saling curiga, dapat berjumpa dan bekerja sama. Ini adalah hasil tertinggi dari sebuah pendidikan, yaitu adanya transformasi atau perubahan sikap anak didik –dalam hal ini mahasiswa—menuju ke arah yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, pendidikan yang melihat relasi kesalingan ini penting untuk disebarluaskan sebagai upaya membangun semangat moderasi beragama. Dalam konteks ini, model pendidikan berbasis Caring Sharing Dialogue yang digagas dalam tulisan ini dapat menjadi alternatif model pendidikan untuk mendukung sinergi kerukunan antar umat beragama

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: MODEL PENDIDIKAN CARING SHARING DIALOGUE, MULTIKULTURAL
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Paper
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:36
Last Modified: 29 Jul 2020 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum