PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI SISWA MUSLIM DI SEKOLAH NON ISLAM (Studi Kasus di SMA Kolese De Britto Yogyakarta)

Hafid As’ad Murtadlo, NIM. 13410169 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI SISWA MUSLIM DI SEKOLAH NON ISLAM (Studi Kasus di SMA Kolese De Britto Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI SISWA MUSLIM DI SEKOLAH NON ISLAM (Studi Kasus di SMA Kolese De Britto Yogyakarta))
13410169_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI SISWA MUSLIM DI SEKOLAH NON ISLAM (Studi Kasus di SMA Kolese De Britto Yogyakarta))
13410169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa muslim yang bersekolah di sekolah non islam yang salah satunya SMA Kolese De Britto Yogyakarta dan bagaimana mereka mendapatkan pendidikan agama di sekolah yang tidak memiliki pendidik maupun mata pelajaran khususnya di bidang keagamaan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama bagi siswa muslim yang terjadi di sekolah tersebut dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama, guru kelas, kepala sekolah, dan siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Untuk mengolah data menggunakan 4 komponen kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan agama di SMA Kolese De Britto di lakukan dalam bentuk pendidikan religiusitas. Dalam prakteknya pembelajaran pendidikan religiusitas ini dilaksnaakan bersama-sama antara siswa muslim dan siswa non islam yang lain. Model pembelajaran yang di gunakan adalah dengan mengaitkan materi yang ada dengan realitas kehidupan sehari-hari. Setiap siswa muslim diberikan kebebasan aktif bertanya ataupun berpendapat sesuai dengan sudut pandang keyakinan agama masing-masing individu., dan juga adanya penyesuaian untuk pendalaman keagamaan setiap dari siswa muslim secara individu. Seperti ketika puasa maupun shalat jum’at di berikan alokasi waktu tersendiri.(2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran adalah: pengalaman guru dalam mengajar, buku dan sumber materi, relasi guru dan relasi sekolah dengan pesantren-pesantren maupun tokoh agama, dan kegiatan kerohanian yang ada di SMA Kolese De Britto. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: adanya siswa yang belum terlibat aktif dalam pembelajaran, manajemen kelas yang kurang, kurangnya tenaga pendidik khusunya di bidang keagamaan islam serta waktu pembelajan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa Muslim, Pendidikan Agama, Non Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Aug 2020 09:59
Last Modified: 05 Aug 2020 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum