INTERAKSI SOSIAL INTERN UMAT HINDU DI YOGYAKARTA (Studi tentang Umat Hare Krishna dalam Berinteraksi dengan Umat Hindu di Sleman)

DWI ISWANTI, NIM. 14520044 (2020) INTERAKSI SOSIAL INTERN UMAT HINDU DI YOGYAKARTA (Studi tentang Umat Hare Krishna dalam Berinteraksi dengan Umat Hindu di Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL INTERN UMAT HINDU DI YOGYAKARTA (Studi tentang Umat Hare Krishna dalam Berinteraksi dengan Umat Hindu di Sleman))
FILE 1_14520044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL INTERN UMAT HINDU DI YOGYAKARTA (Studi tentang Umat Hare Krishna dalam Berinteraksi dengan Umat Hindu di Sleman))
FILE 2_14520044_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB)

Abstract

Agama Hindu merupakan salah satu agama tersebesar di dunia yang dengan hal itu memungkinkan adanya berbagai macam aliran di dalamnya, beberapa di antaranya Hare Krishna dan Hindu Dharma di Indonesia. Hare Krishna selama ini diklaim telah menyimpang dari ajaran Hindu yang sebenarnya oleh sebagian besar umat Hindu Dharma. Berbanding terbalik dengan Hare Krishna di Narayana Smrti Ashram dan Hindu Dharma yang ada di Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta, di mana keduanya saling berinteraksi secara asosiatif dengan saling bekerjasama dan mengakomodasi. Interaksi itu terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti keagamaan, pendidikan, sosial, dan kebudayaan. Perbedaan di antara keduanya tidak menjadi hambatan untuk hidup rukun, harmonis, dan saling membantu satu sama lain. Kehidupan yang rukun dan harmonis antara Hare Krishna dan umat Hindu di Yogyakarta ini selanjutnya membentuk pola interaksi sosial dan kokohnya proses keberlangsungan integrasi sosial yang menarik untuk diteliti. Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan sosiologi, sehingga penelitian ini bersifat kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dan diolah dengan menyusunnya ke dalam bentuk uraian lengkap. Secara keseluruhan, Hare Krishna dengan Hindu Dharma di Yogyakarta memiliki pola interaksi sosial yang bersifat asosiatif dengan ciri-ciri kerja sama dan akomodasi. Namun tidak sampai pada taraf asimilasi yang melebur menjadi satu kelompok. Adapun budaya spiritual sebagai hasil integrasi yang dipolakan (dilatensi) sedemikian rupa sehingga memperkokoh proses keberlangsungan integrasi sosial umat Hare Krishna dengan umat Hindu di D.I. Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Roni Ismail, S.Th.I.,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Hare Krishna, Hindu Dharma, Interaksi
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Aug 2020 10:50
Last Modified: 05 Aug 2020 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum