ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAHDI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG

AHMAD, Iqbal Faza, - and SUKIMAN, - (2019) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAHDI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG. Jurnal Pendidikan Agama Islam,, XVI (2). pp. 137-164.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAHDI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
07_Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) _Artikel Iqbal dan Sukiman.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIRASAH ISLAMIYAHDI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
surat-surat-pernyataan1596724327.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://10.14421/jpai.2019.162-02

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui komposisi soal ujian akhir siswa kelas 6 Kulliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) kelompok mata pelajaran Dirasah Islamiyah di pondok modern Tazakka Batang dilihat dari tingkat kemampuan berpikir menurut taksonomi Bloom dan mengetahui karakteristik Higher Order Thinking Skill(HOTS) yang terdapat pada soal ujian akhir kelompok mata pelajaran Dirasah Islamiyah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan teknik, dan analisis data dilakukan melalui transcript, coding, dan verification. Hasil penelitian menunjukan: 1) Komposisi soal ujian akhir siswa kelas 6 KMI kelompok mata pelajaran Dirasah Islamiyah (Tauhid, Fiqih dan Tarikh Islam) dilihat dari tingkat kemampuan berpikir menurut taksonomi Bloom yang dominan adalah soal yang termasuk dalam kategori tingkat berpikir mengingat dan memahami. (C1dan C2). Ada sebagian kecil soal yang memuat kemampuan berpikir mengaplikasikan, menganalisis dan mengevaluasi (C3, C4 dan C5) dan tidak ada butir soal yang memuat kemampuan berpikir mencipta (C6). 2) Soal ujian mata pelajaran Tauhid, Fiqih dan Tarikh Islam dalam Ujian Akhir siswa kelas 6 KMI di Pondok Modern Tazakka disusun tidak berdasarkan kepada pertimbangan karakteristik soal Higher Order Thinking Skill(HOTS). Namun, setelah penulis analisis, ada sebagian soal kelompok mata pelajaran Dirasah Islamiyah tersebut yang memiliki beberapa karakteristik HOTS. Soal yang paling banyak memenuhi karaketeristik HOTS adalah soal ujian mata pelajaran Fiqih, disusul Tauhid dan Sejarah Islam

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skill, Soal Ujian Akhir, Dirasah Islamiyah, Pondok Modern
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 06 Aug 2020 21:54
Last Modified: 06 Aug 2020 21:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39945

Actions (login required)

View Item View Item