LAPORAN PENELITIAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS CALON PERWIRA PERHUBUNGAN Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

BUDIYANTO, Mangun, - and SUBIYANTORO, - (2019) LAPORAN PENELITIAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS CALON PERWIRA PERHUBUNGAN Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. Project Report. LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAPORAN PENELITIAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS CALON PERWIRA PERHUBUNGAN Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh)
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS CALON PERWIRA PERHUBUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAPORAN PENELITIAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS CALON PERWIRA PERHUBUNGAN Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh)
surat-surat-pernyataan1597015398.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan profil calon Perwira Perhubungan di Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, dan Menjelaskan model pendidikan karakter religious, dalam pembentukan kepribadian bagi Taruna pada Politejnik Pelayaran Malahayti Aceh. selain itu juga untuk menjelaskan hasil pendidikan karakter religius bagi calon Perwira tersebut, serta menjelaskan implikasi penerapan model bagi lembaga pendidikan sejenis, sehingga terbentuk para calon penerus pemimpin bangsa yang memiliki karakter religius yang utuh dan mempribadi dalam dirinya. Berdasar pembagian tersebut, penelitian ini menurut bidangnya termasuk penelitian akademik dan institusional. Adapun berdasartingkat kealamiahan, dikelompokkan menjadi penelitian eksperimen, survey, dan naturalistik. Berdasar pembagian tersebut, maka penelitian ini termasuk penelitian naturalistik. Teknik pengumpulan datamenggunakan Observasipartisipan (Partisipatory action Research), Wawancara mendalam (indepth interview), dan Dokumentasi. Sedangkan metode dalam penelitian adalah menggunakan metode kualitatif. penerapan pendidikan karakter religius di Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, dilakukan melalui proses pembiasaan (habituation), dengan mengandalkan empat faktor penguatan, yaitu; figuritas, standar perilaku, local wisdom, dan studi refleksi. Aspek figuritas berkenaan dengan upaya memberikan keteladanan yang baik kepada taruna/taruni, dalam aktivitas pengasuhan maupun pembinaan. Aspek figuritas cenderung mengedepankan contoh konkrit dari perbuatan baik, yang nantinya diharapkan dapat memberikan stimulus bagi taruna/taruni untuk melakukan hal yang baik pula.146Melalui figuritas yang baik, taruna/taruni diharapkan melakukan imitasi perilaku yang di contohkan oleh Pimpinan, Pengasuh, Pelatih, dan Taruna Senior.147Proses imitasi perilaku dilangsungan tanpa sadar, melalui aktivitas pembelajaran di kelas, latihan fisik, dan budaya lembaga pendidikan.148Tanggung jawab moral untukmenjadi taruna yang selalu memberikan teladan yang baik, menjadi salah satu butir poin yang dimandatkan dalam Pakta Integritas Staf Resiman Taruna Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. adapun hasil penelitian ini adalah Penerapanpendidikan karakter religius di Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, merupakan salah satu model pendidikan karakter religius yang pertama, di lingkungan Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Proses penerapan pendidikan karakter religius, memanfaatkan kearifan lokal masyarakat Aceh yang memiliki semangat keagamaan yang tinggi (khususnya-Islam). Dalam proses pelaksanaanya pendidikan karakter religius, dilakukan melalui proses pembiasaan dan pengkondisian lingkungan pendidikan, melalui beberapa aspek seperti; figuritas keteladan Pimpinan Lembaga/ Pengasuh/ Pelatih/ Taruna Senior, standar perilaku (tata tertib taruna), local wisdommasyrakat setempat, dan studi refleksi melalui kegiatan pembelajaran atau pelatihan. Penerapan pendidikan religius, dipandang dapat melahirkan profil taruna/taruni (calon perwira pehubungan), yang cerdas, profesional, terampil, dan memiliki sikap/perilaku yang baik. Hal ini pada akhirnya akan membentuk mentalitas perwira perhubungan, yang melihat profesi pelaut sebagai tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, demi kemaslahatan umat manusia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pendidikan Kepribadian, Pendidikan Islam, Polieknik Pelayaran Malahayati
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Kependidikan Islam
Divisions: Penelitian
Depositing User / Editor: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:05
Last Modified: 10 Aug 2020 07:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40005

Actions (login required)

View Item View Item