PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DIBIDANG EKONOMI BERBASIS KESETARAAN GENDER OLEH GUYUB REMEN DI DESA BANJAROYA KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO

Hendri Sutiawan, NIM 12230052 (2020) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DIBIDANG EKONOMI BERBASIS KESETARAAN GENDER OLEH GUYUB REMEN DI DESA BANJAROYA KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DIBIDANG EKONOMI BERBASIS KESETARAAN GENDER OLEH GUYUB REMEN DI DESA BANJAROYA KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO)
12230052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DIBIDANG EKONOMI BERBASIS KESETARAAN GENDER OLEH GUYUB REMEN DI DESA BANJAROYA KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO)
12230052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masalah ekonomi dan perempuan selalu menjadi problem yang serius, sehingga dapat menjadi masalah keberlanjutan dikarenakan perempuan sering kali dianggap sebelah mata baik dala dunia kerja ataupun di dunia perekonomian. Oleh sebab itu masyarakat terutama kaum perempuan harus mulai diarahkan dengan cara mendorong dan membangun untuk mencari konsep pemberdayaan perempuan. Pemberdayaan memiliki banyak macam cara untuk pelaksanaanya agar bisa menjadi perempuan yang produktif. Salah satu usahanya yaitu pemberdayaan perembuan dibidang ekonomi yang berbasis kesetaraan gender. Salah satu wilayah yang ditentukan untuk pemberdayaan perempuan dibidang ekonomi berbasis kesetaraan gender adalah Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Peneliti melakukan penelitian ini di Guyub Remen yaitu karena Guyub Remen salah satu paguyuban yang dibawah naungan bimbingan dan pengawasan Kalyanamitra yang dimana lembaga ini yang mengembangkan tentang kesetaraan gender dan paguyuban ini masih peran serta aktif sampai sekarang. Fokus penelitian ini adalah konsep, proses serta hasil dari pemberdayaan perempuan dibidang ekonomi berbasis kesetaraan gender di Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep dan proses pemberdayaan perempuan dibidang ekonomi berbasis kesetaraan gender, serta hasil dari pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Organisasi, bahwa para peserta atau anggota masyarakat yang bergabung mengorganisasikan usaha secara kelompok. 2) Pasar, pemasaran produk hasil usaha kelompok masih di lingkungan sekitar dengan berbagai inovasi makanan lokal dan mampu mendukung dalam memperbaiki perekonomian individu dan komunitas. 3) Jejaring atau Jaringan, Guyub Remen dan kelompok usaha mampu menemukan, membuat dan menguatkan jaringan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Peningkatan Ekonomi Berbasis Kesetaraan Gender, Guyub Remen
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Aug 2020 09:13
Last Modified: 10 Aug 2020 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum