IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA PADA PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL

Yunita Ika Fatmasari, NIM. 16240056 (2020) IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA PADA PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA PADA PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
16240056_BAB-I-BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA PADA PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
16240056_BAB-II_sampai_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti atas lima nilai budaya kerja kementerian agama yang diterapkan di Kantor Kementerian Agama kabupaten Bantul terutama dalam inovasi. Nilai budaya merupakan dasar dan kebiasaan perilaku dalam organisasi. Latar belakang penelitian ini dari problem kinerja aparatur sipil negara dalam kantor yang kaku sehingga efektifitas kerja aparatur negara kurang berjalan maksimal. Kementerian Agama memiliki pedoman dalam meningkatkan kinerja yakni lima nilai budaya kerja Kementerian Agama. Kementerian Agama merupakan salah satu lembaga pemerintah dalam pelayanan publik, ketidak sesuainan menyebabkan pelayanan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penerapan lima nilai budaya kerja kementerian agama terutama pada pelayanan calon Jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan Budaya kerja yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Budaya kerja yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul mengarah kepada ketetapan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 39 Tahun 2012, lima nilai budaya kerja kementereian agama tersebut adalah Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangung Jawab, Keteladanan. Implementasi pada pelayanan dari nilai Integritas menjadi penggerak dari ke lima budaya kerja Kementerian Agama. Profesionalitas dapat dilihat dari keselarasan antara job description dengan pelaksanaan kerja pegawai. Pelaksanaan profesionalitas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul telah sesuai dengan job description yang ada. Sehingga nilai Profesionalitas dapat dikatakan baik. Profesionalitas dalam pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menerapkan slogan SANTUN. Inovasi masih kurang maksimal seperti alat cek keberangkatan kurang di ketahui oleh jemaah, sistem sering eror sehingga perlu adanya pembaruan, pengembangan dan peningkatan sistem. Tangung jawab dapat dilihat dari kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Keteladanan dilihat dari sikap seorang pemimpin yang dapat dijadikan keteladan kepada bawahannya.Pemimpin di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul telah menunjukkan sikap keteladanan yang dapat dijadikan contoh untuk pegawai atau bawahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M. Si
Uncontrolled Keywords: Budaya Kerja, Pelayanan Publik, Kementerian Agama Kabupaten Bantul
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:33
Last Modified: 12 Aug 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum