PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERSEPSI TENTANG WHISTLEBLOWING PEGAWAI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) KELAS II A YOGYAKARTA TAHUN 2020

Fatahillah Azis, NIM 16240088 (2020) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERSEPSI TENTANG WHISTLEBLOWING PEGAWAI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) KELAS II A YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERSEPSI TENTANG WHISTLEBLOWING PEGAWAI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) KELAS II A YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16240088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERSEPSI TENTANG WHISTLEBLOWING PEGAWAI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) KELAS II A YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16240088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Whistleblowing adalah pelaporan terhadap suatu praktik ilegal. Hal tersebut sejalan dengan konsep amal ma’ruf nahi munkar sebagai ikon umat Islam dalam membentuk tatanan masyarakat yang sejahtera dan damai. Melakukan pelaporan atas suatu praktik kecurangan berarti menyelamatkannya dari kesesatan, kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan. Sebagaimana Lapas Kelas IIA Yogyakarta sebagai lembaga permasyarakatan yang memiliki kemungkinan besar terjadinya praktik ilegal. Maka perlu mengetahui pengaruh dari religiusitas dan komitmen organisasi untuk meningkatkan minat whistleblowing oleh pegawai agar praktik-praktik ilegal dapat dihilangkan. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu simple random sampling sebanyak 60 sample. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Variabel dependen penelitian ini adalah whistleblowing dan variabel independennya adalah religiusitas dan komitmen organisasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa, nilai Fhitung = 43,897 > Ftabel = 3,16 atau sig hitung 0.000 < 0.05, yang artinya variabel dependen secara simultan dapat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel independen. Selanjutnya, secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan, namun untuk variabel komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap variabel whistleblowing. Hasil ini diperkuat dengan perolehan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,593 atau 59,3% menunjukan hubungan antara variabel Religiusitas dan Komitmen Organisasi menyebabkan Whistleblowing pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M. Si
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Komitmen Organisasi, Persepsi, Whistleblowing, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:42
Last Modified: 12 Aug 2020 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum