DIMENSI MISTIK DALAM MUSIK QAWWALI (Studi terhadap Tarekat Chistiyah)

Moh. Afnan Rahmaturrahman, 14510002 (2019) DIMENSI MISTIK DALAM MUSIK QAWWALI (Studi terhadap Tarekat Chistiyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIMENSI MISTIK DALAM MUSIK QAWWALI (Studi terhadap Tarekat Chistiyah))
14510002_BAB_I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DIMENSI MISTIK DALAM MUSIK QAWWALI (Studi terhadap Tarekat Chistiyah))
14510002_BAB_II_S.D.SEBELUM_BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (911kB)

Abstract

Musik sebagai salah satu bagian dari seni memiliki arti penting dalam tradisi Islam, khususnya tasawuf sebagai disiplin yang menekankan nilai-nilai esoteris. Secara fisikal, musik berhubungan dengan indera pendengaran, akan tetapi secara psikis ia dapat mempengaruhi suasana hati dan fungsi psikologis lainnya. Tradisi sama‟ musik Qawwali adalah ritual tarekat Chistiyah untuk mendengarkan musik secara spiritual, merenunginya tidak hanya pada suara lahirnya saja, namun hingga pada capaian dimana ia mampu mendeteksi asal suara tersebut yakni Allah. Musik Qawwali dalam tarekat Chistiyah menjadi sebuah ritual yang sangat penting. Hal ini disebabkan dengan banyaknya dimensi-dimensi yang terkandung di dalamnya. Salah satu dimensi tersebut yang dikaji dalam penelitian ini adalah dimensi mistik atau sufisme. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah mengenai dimensi mistik dalam musik Qawwali serta pemanfaatannya pada tarekat Chistiyah secara khusus. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk kajian kepustakaan (Library Research) yang bertujuan untuk menelusuri dan menginterpretasi literatur-literatur dalam bentuk buku, artikel jurnal akademik, hasil penelitian, serta sumber kepustakaan relevan lainnya sebagai bahan pustaka dan data penelitian terkait dengan tema kajian yang dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi mistik pada musik Qawwali terdapat pada syair-syair puitisnya, serta dalam struktur musiknya. Lirik lagu Qawwali memuat puisi-puisi berisi konten sufistik yang terbagi dalam tiga bagian yang selalu ada. (1) Hamd ) )ح دً , adalah lagu berupa pujian kepada Allah. (2) Na‟at ) عَذ( , lagu yang berupa pujian kepada Nabi Muhammad terhadap sosoknya, kepribadiannya, ajarannya, dan teladannya selama masa hidupnya. (3) Manaqib )ي بُقت( , adalah lagu yang isinya pujian kepada Imam Ali atau riwayat hidup dan kata mutiara salah satu dari tokoh sufi. Dari tiga konten lagu ini, fungsinya tidak lain adalah dalam rangka żikrullah yang diajarkan dalam Chistiyah sebagai cara seseorang mencapai fana‟ fi-Llah. Sedangkan dalam hal pemanfaatan, ritual sama‟ digunakan sufi Chistiyah untuk menambah semangat ketaatan mereka dalam menjalani tahapan evolusinya yang bertujuan sampai pada kondisi ekstase (wajd). Pemanfaatan ritual sama‟ dalam qawwali juga dinilai bisa menjadi sarana penyatuan jiwa berbagai ras, bangsa, dan suku yang terpecah belah. Musik ini merumuskan jalan untuk menciptakan perdamaian dan penyelesaian konflik yang didasarkan akhlaq Nabi Muhammad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syaifan Nur, M.A
Uncontrolled Keywords: musik qawwali, tarekat chistiyah, sama‟
Subjects: Jenis-jenis Musik
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Asih Hidayati, A.Md.,S.E.
Date Deposited: 19 Aug 2020 11:26
Last Modified: 19 Aug 2020 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum