Kontruksi ldentitas melalui Stories Highlight Instagram Kalangan Kelas Menengah

Rama Kertamukti, - and Heru Nugroho, - and S. Bayu Wahyono, - (2019) Kontruksi ldentitas melalui Stories Highlight Instagram Kalangan Kelas Menengah. Jurnal ASPIKOM, 4 (1). pp. 26-44.

[img]
Preview
Text (Kontruksi ldentitas melalui Stories Highlight Ins)
Kontruksi ldentitas melalui Stories Highlight Instagram.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya di Repository Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Instagram sebagai komoditi dunia siber ingin menyatukan dan menjadi entitas bagian gaya hidup masyarakat. Komunikasi antar manusia dalam Instagram dapat terjadi setiap saat selama terhubung�online, hampir setiap aktivitas pengguna dapat diabadikan dan dipublikasikan ke dalam instagram dalam hitungan detik. Produksi maupun konsumsi pesan terjadi di Instagram dilakukan dalam Instagram Stories sebagai produksi pesan status kelas menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konstruksi identitas melalui stories highlightInstagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, meneliti bagaimana kontruksi identitas melalui Instagram Stories yang dimiliki Instagram oleh kelas menengah dengan akun informan @putrilellyana, @rosakusumaazhar, @herni_maryuliani, @taufik.mbantul, @fajarmantoo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan virtual etnografi dan indepth interview untuk menggali data agar dapat mendapatkan jawaban-jawaban atas permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan kelas menengah menggunakan Instagram sebagai media visual yang mampu menghadirkan simbol-simbol sebagai alat memproduksi makna dari suatu identitas yang ingin disampaikan. Diri yang dihadirkan informan di Instagram Stories merefleksikan leisure informan dalam melakukan aktivitas secara bebas dalam hidup seperti hobi, rekreasi, menambah pengetahuan tentang seni dan budaya dan juga mengisi kegiatan-kegiatan aktual untuk mengisi waktu luang. Substansi penelitian ini yaitu menemukan metode virtual etnografi yang belum banyak dikaji. Penelitian berkelanjutan mengenai kode-kode, nilai-nilai, dan keyakinan atas kebudayaan secara keseluruhan atas Instagram perlu digali untuk memperlihatkan hasil teknologi yang berakulturasi dengan faktor-faktor ekonomi, sosial dan budaya. Kata Kunci: Instagram, Kontruksi Identitas, Instagram Stories

Item Type: Article
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Jurnal
Depositing User: Ida Nor'aini Hadna , M.Pd.
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:28
Last Modified: 13 Aug 2020 06:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum