Komunikasi Visual: Fantasi Tubuh Wanita Kelas Menengah di Instagram

Rama Kertamukti, - and Heru Nugroho, - and S. Bayu Wahyono, - (2018) Komunikasi Visual: Fantasi Tubuh Wanita Kelas Menengah di Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 6 (2). pp. 231-246.

[img]
Preview
Text (Komunikasi Visual: Fantasi Tubuh Wanita Kelas Menengah di Instagram)
Komunikasi Visual Fantasi Tubuh Wanita Kelas Menengah di Instagram.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya di Repository Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Budaya manusia memberikan perwujudan kecantikan dalam doktrin rasis yang menyingkirkan heterogenitas perbedaan tubuh. Cantik menjadi standar representasi tubuh perempuan yang cantik dan ramping. Instagram memberikan ruang untuk wanita menjadi ramping dan cantik dengan berbagai sumber daya yang menegaskan perbedaan ramping dan gendut, serta menolak adanya representasi liyan terhadap tubuh. Tubuh gemuk akan dilekati oleh bayang-bayang obesitas sehingga gemuk menjadi sindrom bagi kebanyakan wanita. Instagram digunakan wanita kelas menengah untuk berfantasi mengenai tubuh yang dipresentasikan. Instagram dapat memanipulasi tubuh yang “nyata” mengikuti fantasi tubuh ketika memasuki logika Instagram yaitu visual artistik. Pengguna Instagram berfantasi dengan resources yang dimiliki Instagram, mereka berfantasi dengan tubuh ramping yang dipresentasikan di ruang online-feed Instagram. Penelitian ini mengkaji fenomena praktik wanita kelas menengah dalam memperlihatkan perubahan signifikan yang tidak ada batasan ruang dan waktu di ruang Instagram. Analisa yang dilakukan di sini dengan mendasarkan pada teori wacana tekstual. Wacana senantiasa melibatkan kondisi sosial dalam memproduksi dan menafsirkannya. Kondisi�kondisi terkait erat dengan tiga tataran organisasi sosial: situasi sosial, institusi sosial dan tataran sosial secara umum. Melihat wacana sebagai praktik sosial berarti mengkaji teks dalam hal ini visual di Instagram, menganalisis produksi, interpretasi serta mendalami hubungan teks, proses dan kondisi-kondisi sosial baik konteks situasional-institusional serta tatanan masyarakat. Dua akun yang diteliti @putrilellyana dan @rosakusumaazhar menghadirkan wacana wanita mengenai tubuh. Kenyataan yang termanifestasikan dua akun ini bahwa konsumsi dan produksi dalam arena Instagram memberikan pembentukan pola realitas sosial. Instagram menjadi alat pembentuk konstruksi sosial, sekaligus pembentuk wujud kuasa kebenaran dalam realitas sosial, Instagram membuat ruang kendali keseragaman norma-norma kehidupan. Kata-kata Kunci: Fantasi; instagram; kelas menengah; komunikasi visual; tubuh wanita

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fantasi; instagram; kelas menengah; komunikasi visual; tubuh wanita
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Jurnal
Depositing User: Ida Nor'aini Hadna , M.Pd.
Date Deposited: 13 Aug 2020 07:16
Last Modified: 13 Aug 2020 07:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum